TUTUP
SCROLL UNTUK MELANJUTKAN MEMBACA
Gabung di IDN Times

Jaga Kesehatanmu! Suhu Panas Tangerang Tertinggi di Indonesia

Fenomena ini tanda masuknya musim kemarau

Ilustrasi lahan sawah mengalami kekeringan. (ANTARA FOTO/Jojon)

Tangerang, IDN Times - Kamu warga Tangerang, beberapa hari terakhir ini mungkin sering merasa kegerahan saat melakukan aktivitas di luar rumah? Kamu harus jaga kesehatan yah!

Sebab, Badan Meteorologi Klimatologi dan Geofisika (BMKG) dalam sebuah rilis menyebut terjadi suhu udara tinggi di wilayah Indonesia pada periode 1 hingga 7 Mei 2022.

Wilayah Tangerang, Banten dan Kalimarau di Kalimantan Utara jadi dua daerah dengan status suhu panas tertinggi.

Baca Juga: Warga 5 Kecamatan di Kabupaten Tangerang Deklarasi Tangerang Tengah 

1. Panas terik capai suhu 36 derajat celsius

Ilustrasi terik matahari (Pixabay.com/giografiche)

BMKG dalam keterangannya, tinggi suhu maksimum pada periode itu sebesar 36,1 derajat celsius. BMKG pun menyebut suhu panas terik pasti dirasakan sebagian masyarakat.

Besaran suhu itu, berdasarkan data BKMG, belum sampai melampaui catatan suhu maksimum tertinggi di Indonesia pada April selama 4 sampai 5 tahun terakhir, yaitu 38,8 derajat Celsius, yang terjadi di Palembang pada 2019.

Menurut BMKG, angka yang sama juga dicatat sebagai suhu maksimum tertinggi siang hari pada Mei di Temindung Samarinda, Kalimantan Timur, pada 2018 Fenomena suhu udara terik yang terjadi pada siang hari itu dipicu oleh posisi semu Matahari.

2. Indonesia masuk musim kemarau

Ilustrasi kemarau. Tanah tambak mengering di Kecamatan Mangara Bombang, Takalar, Sulawesi Selatan, Senin (2/9/2019) (ANTARA FOTO/Arnas Padda)

BMKG menjelaskan, saat ini sushu panas sudah berada di wilayah utara ekuator mengindikasikan sebagian wilayah Indonesia akan mulai memasuki musim kemarau.

"Musim kemarau ditandai dengan tingkat pertumbuhan awan dan fenomena hujannya yang menjadi sangat berkurang, sehingga cuaca cerah pada pagi menjelang siang akan cukup mendominasi,” bunyi keterangan BMKG.

Baca Juga: Arus Balik 2022, Ketua RT se-Tangsel Bakal Data Pendatang Baru

Berita Terkini Lainnya