TUTUP
SCROLL UNTUK MELANJUTKAN MEMBACA
Gabung di IDN Times

Penampakan Gorong-gorong yang Dijadikan Jalan Kabur Napi Tiongkok

Cai Changpan ternyata pernah kabur sebelumnya

Lubang gorong-gorong di lapas kelas 1 Tangerang, yang dijadikan sebagai tempat kaburnya napi WNA Tiongkok (Dok. Lapas Kelas 1 Tangerang)

Kota Tangerang, IDN Times - Napi Cai Changpan alias Cai Ji Fan (53) kabur dari Lapas Kelas 1 Tangerang, dengan cara membuat jalur tikus di gorong-gorong lapas. Polisi ikut angkat bicara ihwal kaburnya napi kasus narkoba ini.

Kapolres Metro Tangerang Kota Kombes Sugeng Hariyanto mengatakan pihaknya telah melakukan identifikasi bagaimana Cai Changpan sampai bisa kabur. Menurutnya, pihaknya telah mengamankan sejumlah barang bukti.

"Memang ada beberapa barang bukti yang kita temukan di antaranya alat gali, pahat, obeng, dan peralatan lainnya yang digunakan napi dimaksud untuk melarikan diri," kata Sugeng, Rabu (23/9/2020).

Baca Juga: Kabur dari Lapas, Napi Asal Tiongkok Rencanakan Aksi 6 Bulan!

1. Begini penampakan gorong-gorong yang dijadikan jalan kabur Cai Changpan

Gorong-gorong di lapas kelas 1 Tangerang, yang dijadikan sebagai akses kaburnya napi WNA Tiongkok (Dok. Lapas Kelas 1 Tangerang)

Lapas Kelas 1 Tangerang pun memotret jalan kabur Cai Changpan. Di atas merupakan potret penampakan gorong-gorong yang dilalui Cai Changpan.

Lebih lanjut, Sugeng mengungkapkan enam atau delapan bulan yang lalu pihak Lapas Kelas 1 Tangerang melakukan pembangunan dapur di dalam lapas. Nah, diduga kuat Cai Changpan mengambil alat-alat untuk aksi melarikan diri itu dari proyek pembangunan dapur ini.

"Nah ini kita coba akan kroscek apakah alat-alat yang digunakan napi dimaksud diperoleh dari para tukang itu, kita masih meminta data ke lapas siapa saja yang kerja untuk bangun dapur," jelasnya.

2. Cai Changpan sebelumnya sudah pernah kabur

Ilustrasi Penjara (IDN Times/Mardya Shakti)

Cai Changpan dianggap cukup lihai dalam melarikan diri. Dia telah dua kali kabur. Sebelum mendekam di lapas, dia pernah kabur saat menjadi tahanan kepolisian. Menurut Sugeng, Kepolisian juga telah memeriksa beberapa petugas lapas tersebut.

"Persoalannya adalah sekarang kita sedang melakukan penyelidikan di internal, apakah ada kesengajaan atau tidak. Kita sudah menginterogasi empat orang pegawai dari lapas dan satu orang sipil," katanya.

Baca Juga: Gali Gorong-gorong, Terpidana Mati Asal Tiongkok Kabur dari Lapas

Berita Terkini Lainnya