Buntut Kerumunan Laga Final Tarkam di Kota Serang, Kapolsek Dicopot

AKP Kasmuri digantikan AKP Sudibyo Hadi

Serang, IDN Times - Pasca peristiwa kerumunan massa dalam laga pertandingan final tarkam di Lapangan Geraha Cibogo, Kelurahan Nyapah, Kecamatan Walantaka, Kota Serang Kapolsek AKP Kasmuri dicopot.

Kapolres Serang Kota AKBP Yunus Hadith Priyanto mengatakan, terkait pencopotan dan pergantian tersebut merupakan kewenangan Polda Banten, termasuk apakah kegiatan kerumunan massa di wilayah Walantaka menjadi alasan pencopotan.

"Bisa kapan saja, bisa kepada siapa saja. Itu mungkin ada pertimbangan, keputusan kewenangannya ada di Polda. Mungkin ada evaluasi," kata Kapolres usai memimpin sertijab Kapolsek Walantaka, Kamis (3/12/2020).

Baca Juga: Wali Kota Serang Kecolongan Soal Kerumunan Massa di Laga Final Tarkam 

1. AKP Kasmuri digantikan AKP Sudibyo Hadi

Buntut Kerumunan Laga Final Tarkam di Kota Serang, Kapolsek DicopotDok. Istimewa/Aden (bukan nama sebenarnya)

AKP Kasmuri digantikan oleh AKP Sudibyo Hadi yang sebelumnya menjabat Wakapolsek Serang. Sementara Kasmuri dimutasi dalam jabatan baru sebagai Kasubbagdalops Bagops Polres Serang Kota. Serijab dipimpin langsung oleh Kapolres Serang Kota AKBP Yunus.

"Tentunya ini perhatian dari kita, evaluasi bagi kita dan tìdak berharap ini terjadi kembali di wilayah Serang Kota," katanya.

2. Meminta jajarannya tetap terapkan protokol kesehatan

Buntut Kerumunan Laga Final Tarkam di Kota Serang, Kapolsek DicopotInfografis Gerakan 3M (IDN Times/Ryann Rezza Ardiansyah)

Dia pun mengimbau kepada seluruh jajarannya untuk mematuhi protokol kesehatan dalam bertugas dan mengajak juga menyosialisasikan hidup disiplin terhadap masyarakat untuk mencegah penularan virus corona tipe baru, SARS-C0V-2 itu.

"Upaya tindakan imbauan, upaya kepada masyarakat jadi semakin disiplin. Izin keramaian tidak kita keluarkan," katanya.

3. Kapolsek baru akan jaga ketertiban dan disiplin masyarakat

Buntut Kerumunan Laga Final Tarkam di Kota Serang, Kapolsek DicopotPSBB Banten (ANTARA FOTO/Asep Fathulrahman)

Sementara, Kapolsek Walantaka baru AKP Sudibyo mengatakan, dia siap meneruskan tugas sebelumnya yang diemban oleh AKP Kasmuri. Langkah selanjutnya akan melakukan kerja sama dengan Muspika untuk menertibkan disiplin masyarakat dalam rangka menghadapi virus corona.

"Permasalahan (pergantian) kapolsek kurang begitu jelas, mungkin karena adanya pertandingan sepak bola yang mengakibatkan kerumunan massa," katanya.

Baca Juga: Wali Kota Serang Kecolongan Soal Kerumunan Massa di Laga Final Tarkam 

Topik:

  • Ita Lismawati F Malau

Berita Terkini Lainnya