COVID-19 Melonjak, Peminjaman Tabung Oksigen Meningkat di Banten 

Sepekan relawan mulai kewalahan layani peminjam

Serang, IDN Times - Komunitas Pokja Relawan Banten mulai kewalahan dengan lonjakan  permintaan peminjaman tabung oksigen dari keluarga pasien COVID-19. Permintaan datang dari wilayah Kota Serang dan sekitarnya.

Pokja Relawan merupakan salah satu penyedia peminjaman tabung oksigen gratis bagi pasien COVID-19 dan pasien miskin.

Baca Juga: Antisipasi Lonjakan COVID-19, Pemprov Banten siapkan Pasokan Oksigen

1. Permintaan meningkat seiring kasus melonjak

COVID-19 Melonjak, Peminjaman Tabung Oksigen Meningkat di Banten Ilustrasi tabung oksigen medis. (ANTARA FOTO/Novrian Arbi).

Kordinator Pokja Relawan Banten Lulu Jamaludin mengatakan, permintaan peminjaman tabung oksigen meningkt seiring dengan kembali melonjaknya kasus COVID-19.

Mayoritas peminjam merupakan pasien yang sedang menjalani isolasi manndiri di rumah. "Permintaan sehari itu bisa tiga sampai empat tabung. Sekarang untuk tabung oksigen ukuran kecil sudah kosong," kata Lulu saat dikonfirmasi, Senin (14/2/2022).

2. Permintaan peminjaman tabung gas meningkat sejak dua pekan lalu

COVID-19 Melonjak, Peminjaman Tabung Oksigen Meningkat di Banten Ilustrasi Tabung Oksigen. (IDN Times/Hana Adi Perdana)

Lulu menjelaskan, kondisi ini telah terjadi sejak dua pekan lalu saat kasus varian Omicron mulai masuk ke wilayah Banten. Saat ini pihaknya mempunyai stok 15 tabung oksigen ukuran 1 meter kubik dan lima tabung ukuran 6 meter kubik.

"Sekarang tinggal sisa oksigen ukurang yang paling besar di sekret relawan. Yang lain sudah terpinjam," katanya.

3. Pokja Relawan Banten membuka jasa penitipan tabung oksigen

COVID-19 Melonjak, Peminjaman Tabung Oksigen Meningkat di Banten Pengisian oksigen di Hikmah Gas Medical Oxygen, Cilandak, Jaksel, di tengah kelangkaan oksigen (dok. IDN Times)

Untuk memenuhi permintaan masyarakat, pihaknya bekerja sama dengan sejumlah lembaga amal untuk menyediakan tabung. Selain itu, pihaknya pun membuka jasa penitipan tabung oksigen dari masyarakat untuk membantu pasien yang sedang membutuhkan.

"Masyarakat punya tabung bisa dititipkan ke kita untuk dipinjam pakai kepada pasien COVID-19 yang sedang isoman," katanya.

Topik:

  • Ita Lismawati F Malau

Berita Terkini Lainnya