Kereta Api Rangkasbitung-Merak Kembali Beroperasi Mulai 9 Agustus 

Jalur KA ini ditutup beberapa bulan akibat pandemik COVID-19

Serang, IDN Times - PT Kereta Api Indonesia (KAI) Daerah Operasional (Daop) 1 Jakarta akan mengoperasikan kembali KA Lokal Rangkasbitung-Merak pada 9 Agustus mendatang. Kebijakan itu diambil setelah PT KAI melakukan evaluasi pelayanan di era new normal.

Pengoperasian KA dilakukan dengan menerapkan protokol pencegahan penyebaran  COVID-19.

1. Okupansi dibatasi hanya 75 persen

Kereta Api Rangkasbitung-Merak Kembali Beroperasi Mulai 9 Agustus PT KAI Divre IV Tanjungkarang melalukan penyemprotan disinfektan di area kereta api penumpang. (Istimewa/IDN Times)

Kahumas PT KAI Daop 1 Jakarta Eva Chairunisa mengatakan, dalam rangka menerapkan protokol pencegahan pihaknya memberlakukan okupansi hanya 75 persen dari okupansi yang diizinkan pada saat normal, yaitu sebanyak 150 persen volume penumpang. Selain itu juga diberlakukan pembatasan jam operasional.

"Untuk pemesanan tiket KA Lokal dapat dilakukan H-7 sebelum keberangkatan melalui Aplikasi KAI Access, serta dapat melakukan pembelian tiket go show tiga jam sebelum keberangkatan di loket stasiun," kata Eva saat dikonfirmasi, Jumat (7/8/2020).

2. KA ini melayani perjalanan 8 jam setiap harinya

Kereta Api Rangkasbitung-Merak Kembali Beroperasi Mulai 9 Agustus Dokumen Pribadi

Normalnya KA Lokal Rangkasbitung-Merak, kata Eva, beroperasi 12 perjalanan setiap harinya. Kini pada pengoperasian di masa era adaptasi kebiasaan baru, KA Lokal Merak untuk sementara baru melayani 8 perjalanan setiap hari.

"Saat ini terdapat dua KA Lokal yang beroperasi di wilayah PT KAI Daop 1 Jakarta, yakni KA Lokal Merak relasi Rangkasbitung-Merak dan KA Siliwangi Relasi Sukabumi - Ciranjang yang telah lebih dulu dijalankan," ungkapnya.

3. Akses menuju Pelabuhan Merak

Kereta Api Rangkasbitung-Merak Kembali Beroperasi Mulai 9 Agustus Dok. Humas Pemprov Jateng

Untuk diketahui, KA Lokal Rangkasbitung-Merak adalah jalur penghubung para penumpang atau warga Sumatera yang hendak pulang ke daerah asalnya melalui Pelabuhan Merak. Stasiun Merak ini selalu penuh pada saat akhir pekan terutama menjelang libur hari raya Idul Fitri.

Baca Juga: Duh! Proyek Reaktivasi Jalur Kereta Rangkasbitung-Labuan Molor Lagi!

Topik:

  • Ita Lismawati F Malau

Berita Terkini Lainnya