Comscore Tracker

Kota Serang Bakal Punya Perpustakaan Milenial dan Gedung Teater

Perpustakaan bakal dijadikan tempat edukasi dan rekreasi

Serang, IDN Times - Dinas Perpustakaan dan Kearsipan Kota Serang akan membangun gedung perpustakaan yang dilengkapi bioskop, serta tempat pertunjukan anak muda.

Saat ini proses pembangunan perpustakaan itu sudah mencapai 76 persen, dan direncanakan akan mulai beroperasi pada tahun depan.

1. Paradigma perpustakaan akan diperluas

Kota Serang Bakal Punya Perpustakaan Milenial dan Gedung TeaterIDN Times/Reza Iqbal

Kepala Dinas Perpustakaan dan Kearsipan Kota Serang, Wahyu Nurjamil mengatakan, paradigma perpustakaan saat ini sudah berubah. Perpustakaan tidak hanya sebagai tempat membaca, melainkan sarana edukasi dan rekreasi.

Karena hal itu, pemerintah akan membangun tempat untuk anak muda berkreasi yang disediakan di samping perpustakaan Kota Serang ini. Sesuai rencana, gedung perpustakaan akan memiliki tiga lantai termasuk basement.

"Fasilitas yang akan disediakan yaitu tempat pameran (working space), tempat pelayanan, perpustakaan anak, mini teater, disabilitas, dan perkantoran,” ujar Wahyu, Jumat (12/11/2021)

Baca Juga: Veteran Kabupaten Tangerang Mendapat Keringanan Membayar PBB

2. Pembangunan ini menelan biaya Rp9,9 miliar

Kota Serang Bakal Punya Perpustakaan Milenial dan Gedung TeaterIDN Times/Khaerul Anwar

Sekda Kota Serang, Nanang Saefudin menyampaikan, pembanguan gedung perpustakaan tiga lantai menelan anggaran Rp9,9 miliar dari Dana Alokasi Khusus (DAK).

"Ada dua pembangunan fisik di Kota Serang ini yang bersumber dari DAK. Pertama perpustakaan, dan yang kedua pembangunan RSUD Kota Serang," katanya

3. Bisa mengembangkan potensi anak muda

Kota Serang Bakal Punya Perpustakaan Milenial dan Gedung TeaterIDN Times/Reza Iqbal

Nanang berharap, bangunan ini bisa mencerdaskan warga Kota Serang sesuai visi misi Wali Kota. "Untuk mewujudkan masyarakat yang cerdas dan beradab," katanya.

Baca Juga: Kisah Aria Wangsakara Ahli Strategi Perang dan Diplomat Tangerang 

Topic:

  • Deryardli Tiarhendi

Berita Terkini Lainnya