Comscore Tracker

Sejumlah Lokasi TPS di Serang Terisolir Akibat Banjir 

Tingkat partisipasi diharapkan tetap bertambah

Serang, IDN Times - Kondisi Pemilihan Kepala Daerah (Pilkada) Serentak 2020 berbeda dirasakan oleh warga Kabupaten Serang dibanding pemilu sebelumnya. Pemilihan bupati dan wakil bupati tahun ini dilakukan di tengah situasi pandemik COVID-19 dan bencana banjir.

Segala upaya dilakukan oleh penyelenggara bersama unsur Muspika Kecamatan Kibin, Kabupaten Serang demi terlaksananya proses pemungutan suara karena sejumlah lokasi tempat pemungutan suara (TPS) awal terendam banjir.

"Pengalihan tps yang lokasi awalnya terendam banjir sekaligus juga terhadap beberapa titik terutama di perumahan yang warganya sendiri juga sudah melakukan pengungsian," kata Camat Kibin Imron Ruhyadi saat dikonfirmasi, Rabu (9/12/2020).

Baca Juga: Warga di Serang Terjang Banjir Demi Salurkan Hak Suara 

1. Ada 20 TPS didirikan di lokasi terisolir

Sejumlah Lokasi TPS di Serang Terisolir Akibat Banjir ANTARA FOTO/Raisan Al Farisi/aww

Kendati demikian, kata Imron, masih ada sekitar 20 TPS di lima desa yang masih didirikan di tempat semula karena perkampungan terisolir akibat bencana banjir. Logistik pilkada didistribusikan menggunakan perahu karet.

Diketahui, Kecamatam Kibin merupakan salah satu daerah yang terdampak banjir paling parah di Serang.

"Ada TPS karena banjir dia terisolir. Ini bukan halangan karena pilbub harus terlaksana," katanya.

Baca Juga: Pilkada Serang, KPU Target 80 Persen Partisipasi Pemilih

2. Partisipasi diharapkan tetap bertambah

Sejumlah Lokasi TPS di Serang Terisolir Akibat Banjir IDN Times/Khaerul Anwar

Meski di tengah situasi bencana banjir, dia berharap tingkat partisipasi pemilih pada pilkada tahun ini tetap bisa bertambah dibanding pilkada sebelumnya. Karena proses pencoblosan satu hari ini akan menentukan pembangunan Kabupaten Serang lima tahun mendatang.

"Mudah-mudahan penyelenggaraan partisipasi bisa bertambah meskipun sedang mengalami bencana banjir," katanya.

3. Disediakan TPS di tempat pengusian

Sejumlah Lokasi TPS di Serang Terisolir Akibat Banjir Wali Kota Rizal Effendi melaksanakan rilis kasus di sela kunjungannya ke TPS-TPS. (IDNTimes/ Anjas Pratama)

Berdasarkan hasil monitoring, kata Imron, sekitar ada lima desa di wilayahnya terdampak bencana banjir paling parah, yakni di Desa Negara, Desa Cijeruk, Desa Tambak, Desa Sukamaju dan Desa Ciaen.

Sebagian korban banjir sudah menempati tempat pengungsian. "Di 5 lokasi pengungsian juga kita sudah sediakan TPS," katanya.

Baca Juga: Debat Pilkada Serang, Paslon Bicara Agama Hingga Pancasila

Topic:

  • Ita Lismawati F Malau

Berita Terkini Lainnya