Sempat Diterjang Banjir, Kawasan Masjid Agung Banten Dibuka Lagi

Masjid ini berada di kawasan wisata Banten Lama

Serang, IDN Times - Destinasi wisata religi Masjid Agung Banten Lama sudah kembali dibuka untuk publik setelah diterjang banjir pada 1 Maret 2022.

Diketahui sebelumnya, Masjid Agung Banten yang merupakan sisa kejayaan Kesultanan Banten itu sempat terendam banjir satu meter. Bahkan merendam lingkungan masjid dan komplek pemakanan kesultanan.

Baca Juga: Ada 22 Titik Banjir di Serang, Wali Kota: Pertama Kali Banjir 5 Meter 

1. Sudah dibuka, Masjid Agung kembali dipadati penziarah

Sempat Diterjang Banjir, Kawasan Masjid Agung Banten Dibuka LagiMasjid Agung Kesultanan Banten (ANTARA FOTO/Asep Fathulrahman)

Penjaga Masjid Agung Banten Jumri mengatakan, Kawasan Banten Lama sudah dibuka sejak Sabtu (5/3/2022). Disampaikan Jumri, para penziarah ke makam Sultan Banten bahkan sudah memadati kompleks pemakaman sehari setelah banjir surut.

"Dari hari Sabtu juga sudah mulai penuh. Mobil-mobil di parkiran pun sudah padat seperti biasa," kata Jumri saat dikonfirmasi, Senin (7/3/2022).

2. Tidak ada ritual khusus saat membersihkan makam para petinggi Kesultanan Banten

Sempat Diterjang Banjir, Kawasan Masjid Agung Banten Dibuka LagiANTARA FOTO/Asep Fathulrahman

Disampaikan Jumri, tidak ada ritual khusus saat membersihkan kawasan makam itu dari banjir dan lumpur. Sebab, pengunjung yang mendatangi ke Masjid Agung Banten lama pun merupakan penziarah ke makam para Sultan Banten.

"Jadi mereka kan datang untuk ziarah ke aula Allah pasti kan meminta keselamatan. Itu pun sudah bagian dari ritual," katanya.

3. Banjir di Banten Lama baru bisa ditangani setelah air disedot ke kanal

Sempat Diterjang Banjir, Kawasan Masjid Agung Banten Dibuka LagiIDN Times/Khaerul Anwar

Sebelumnya, Kepala Dinas Perumahan Rakyat dan Kawasan Permukiman Provinsi Banten Muchamad Rachmat Rogianto mengatakan, air di kawasan Banten Lama baru bisa ditangani setelah dua hari terendam. Petugas menyedot air ke kanal-kanal yang tersambung langsung ke muara Banten.

Mereka pun menerjunkan ratusan personel kebersihan dibantu para relawan dan personel TNI/Polri.

"Dari tadi malam kita semua kerja keras menyedot air pindahkan ke kanal. Air di kanalnya sudah turun," kata Rachmat.

Baca Juga: Banjir di Kawasan Banten Lama Mulai Surut

Topik:

  • Ita Lismawati F Malau

Berita Terkini Lainnya