Antisipasi Penumpukan Penumpang, Bandara Soetta Buka Holding Bay

Ini untuk antisipasi libur Natal dan tahun baru

Tangerang, IDN Times - Pengelola Bandara Internasional Soekarno-Hatta bakal menyediakan holding bay atau ruang tunggu untuk penumpang internasional pada musim Natal dan tahun baru mendatang. Hal tersebut untuk mengantisipasi adanya penumpukan penumpang saat menunggu proses pemeriksaan COVID-19. 

"Supaya tidak terjadi lagi penumpukan penumpang di kedatangan internasional karena menunggu antrean PCR maupun karantina," ujar Executive General Manager (EGM) Airport Operation Division PT Angkasa Pura II, Eri Braliantoro, Rabu (22/12/2021). 

Baca Juga: Viral Video Penumpukan Penumpang di Bandara Soetta Hendak Karantina

1. Holding bay akan disediakan di Terminal 3 dan 2F

Antisipasi Penumpukan Penumpang, Bandara Soetta Buka Holding Baytirto.id

Eri mengungkapkan, pihaknya akan menyediakan holding bay sebagai antisipasi untuk mengurai penumpukan penumpang saat Nataru 2022 di Terminal 3 dan 2F.

"Holding bay untuk tunggu sementara bagi penumpang terutama rute internasional karena ada proses pemeriksaan kesehatan, dokumen, PCR," kata Eri. 

2. Di dalam holding bay akan disediakan berbagai fasilitas

Antisipasi Penumpukan Penumpang, Bandara Soetta Buka Holding BayIDN Times/Sunariyah

Nantinya, lanjut Eri, dalam holding bay tersebut akan disediakan beberapa fasilitas seperti makanan ringan dan sebagainya. 

"Kita siapkan holding bay, akan ada beberapa kelebihan, ada snack, makan siang, dan dibuat senyaman mungkin untuk jadi ruang tunggu," jelas Eri. 

3. Terminal 1A direncanakan akan dibuka kembali

Antisipasi Penumpukan Penumpang, Bandara Soetta Buka Holding BayDok. PT Angkasa Pura II

Tak hanya itu, pihaknya juga tengah mempertimbangkan untuk kembali mengoperasikan Terminal 1A pada masa periode Natal dan Tahun Baru 2022. Sebagaimana diketahui, terminal tersebut sudah hampir 2 tahun lamanya ditutup untuk renovasi dan belum beroperasi sampai sekarang. 

"Memang beberapa hari belakang ada peningkatan (penumpang) di Terminal 2, dan kami dari Angkasa Pura II saat ini sedang kaji pembukaan sub terminal 1," jelasnya. 

Sebab, ia tidak menampik dalam beberapa hari ke belakang terjadi penumpukan penumpang di Terminal 2 Bandara Soekarno-Hatta rute domestik. 

"Karena kita lihat saat ini di T2 sudah padat, kami pastikan terkait prokes akan jadi pegangan kami dan acuan kami," sambung Eri. 

Namun, pembukaan Terminal 1A tersebut masih dalam tahap kajian bersama stakeholder terkait, terutama maskapai. Hingga saat ini, PT Angkasa Pura II baru melakukan percobaan last flight atau saat penerbangan terakhir oleh dua maskapai di Terminal 1A. 

"Sebetulnya last flight itu ada dari Sriwijaya Air dan Nam Aie baru kemarin. Otomatis sore hari sudah berjalan dan kita kaji terus. Belum ada hasil kajian, saat ini masih proses (kajian) karena hari hari pertama," papar Eri.

Baca Juga: Pengelola Bandara Soekarno-Hatta Usut Penyebab Genangan Banjir 

Topik:

  • Ita Lismawati F Malau

Berita Terkini Lainnya