Pemkot Tangerang Minta Warga Lapor Jika Ada Pohon Rawan Tumbang

Masyarakat diimbau waspadai pohon tumbang saat berkendara

Tangerang, IDN Times - Dinas Kebudayaan dan Pariwisata (Disbudpar) meminta bagi warga melapor jika melihat pohon besar dengan banyak dahan, atau pun pohon yang berpotensi tumbang. Laporan bisa disalurkan melalui LAKSA pada aplikasi Tangerang LIVE.

Selain itu, warga juga bisa melapor melalui WhatsApp di nomor 0811-1500-293,  pesan ke Instagram @tamankita.tng, hingga bersurat ke Disbudpar Kota Tangerang.

Dengan demikian, Bidang Pertamanan bisa langsung mengirim petugas untuk segera mengeksekusi pohon-pohon tersebut. "Ayo antisipasi bencana yang mungkin terjadi, salah satunya pohon tumbang," kata Kepala Disbudpar Tangerang, Rizal Ridolloh, Jumat (8/12/2023).

Baca Juga: 3 Warga Kota Tangerang Sudah Klaim Asuransi Pohon Tumbang Tahun Ini

1. Disbudpar rutin memangkas pohon

Pemkot Tangerang Minta Warga Lapor Jika Ada Pohon Rawan TumbangIlustrasi pohon tumbang. ANTARA FOTO/Asep Fathulrahman)

Rizal menuturkan, lewat bidang pertamanan, Disbudpar Kota Tangerang juga memangkas pohon secara rutin. Hal ini untuk mengantisipasi adanya pohon tumbang.

"Kita terus antisipasi dengan melakukan pemangkasan pohon yang dinilai sudah rapuh," tuturnya.

2. Masyarakat diimbau waspada pohon tumbang saat berkendara

Pemkot Tangerang Minta Warga Lapor Jika Ada Pohon Rawan TumbangIDN Times/Wayan Antara

Sementara itu, Kepala Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Kota Tangerang, Maryono Hasan mengatakan, pasca kemarau terdapat beberapa wilayah yang berpotensi pohon tumbang. Seluruh OPD terkait terus mengecek dan memangkas pohon-pohon yang dinilai sudah tidak produktif, memiliki banyak dahan dan berpotensi tumbang.

“Saat hujan deras disertai angin kencang, masyarakat diimbau untuk berhati-hati saat berkendara, ketika melintas di bawah tiang Listrik, tiang rambu lalin atau pun billboard," ungkapnya.

3. Masyarakat diimbau tak berteduh di bawah pohon besar saat hujan

Pemkot Tangerang Minta Warga Lapor Jika Ada Pohon Rawan TumbangSatu buah pohon tumbang di Jalan Kemakmuran Kota Bekasi (IDN Times/Imam Faishal)

Maryono pun menegaskan masyarakat untuk tidak berteduh di bawah pohon besar saat hujan, terutama jika disertai dengan angin kencang.

"Guna mencegah terjadinya hal-hal yang tidak diinginkan,” imbaunya.  

Baca Juga: Pengangguran Kota Tangerang Turun Jadi 6,79 Persen

Topik:

  • Ita Lismawati F Malau

Berita Terkini Lainnya