Comscore Tracker

Ratusan WNA Tercatat Masuk Bandara Soekarno-Hatta

Bandara Soekarno-Hatta mulai dibuka 15 September 2021

Kabupaten Tangerang, IDN Times - Pemerintah Indonesia kembali membuka pintu masuk internasional setelah sebelumnya tutup lantaran adanya Pemberlakuan Pembatasan Kegiatan Masyarakat (PPKM) Jawa-Bali. Sejak Bandara Soetta dibuka, ada ratusan warga negara asing yang masuk Indonesia.

"Sejak pemberlakuan Permenkumham Nomor 34 Tahun 2021, periode 15 sampai 17 September 2021, ada 974 WNA melintas masuk," jelas Kepala Bidang Teknologi Informasi dan Komunikasi Keimigrasian, Sam Fernando, Sabtu (18/9/2021). 

Seperti diketahui, Peraturan Menteri Hukum dan HAM (Permenkumham) Nomor 34 Tahun 2021 tentang Pemberian Visa dan Izin Tinggal Keimigrasian Dalam Masa Penanganan Penyebaran Corona Virus Disease 2019 dan Pemulihan Ekonomi Nasional mulai  diberlakukan pada15 September lalu. 

Dari diterbitkannya Permenkumham baru tersebut, maka pembatasan masuknya Orang Asing ke Indonesia berdasarkan Peraturan Menteri Hukum dan HAM Nomor 27 Tahun 2021 dinyatakan tidak berlaku. Setelah dua hari dibuka, ratusan warga negara asing (WNA) tercatat masuk ke Indonesia melalui Bandara Soekarno-Hatta. 

Baca Juga: Wow! Bandara Soetta Sediakan Ambulans Terbang, Begini Penampakannya

1. Visa offshore sudah diizinkan kembali

Ratusan WNA Tercatat Masuk Bandara Soekarno-HattaIDN Times/Maya Aulia Aprilianti

Sam membenarkan, saat ini sudah mengizinkan WNA dengan Visa Offshore masuk ke Indonesia. Pasalnya, sebelumnya berdasarkan Permenkumham Nomor 34 Tahun 2021, yang diizinkan masuk ke Indonesia adalah WNA pemegang izin tinggal dinas, izin tinggal diplomatik, dan izin tinggal terbatas.

Kemudian, izin tinggal tetap, pemegang Kartu Perjalanan Pebisnis (KPP) APEC, awak alat angkut yang datang bersama dengan alat angkutnya, serta Pelintas Batas Tradisional.

"Saat ini sudah dibuka kembali (untuk Visa Offshore)," jelasnya. 

2. Ada 2.961 WNI yang masuk ke Indonesia

Ratusan WNA Tercatat Masuk Bandara Soekarno-HattaIDN Times/Maya Aulia Aprilianti

Sementara, Sam menjelaskan, ada 2.961 warga negara Indonesia (WNI) yang masuk ke Indonesia dari luar negeri di periode yang sama. Dirinya juga mencatat ada 874 WNA yang pergi keluar Indonesia dari Bandara Soekarno-Hatta. 

"Untuk WNI yang berangkat ke luar negeri dari Indonesia itu ada 3.418," tutur Sam. 

3. Ada 15.343 WNA yang masuk ke Indonesia sejak 1 Agustus 2021

Ratusan WNA Tercatat Masuk Bandara Soekarno-HattaIDN Times/Maya Aulia Aprilianti

Ia juga menjelaskan, sebelum diberlakukannya Permenkumham Nomor 34 Tahun 2021, tercatat ada belasan ribu WNA yang masuk ke Indonesia dari tanggal 1 Agustus sampai 17 September 2021. 

Untuk WNA yang datang ke Indonesia lewat Bandara Soekarno-Hatta pada periode tersebut pun tercatat ada 15.343 orang. Lalu WNI yang datang dari luar negeri di periode yang sama berjumlah 51.658 orang. 

"Untuk WNA yang berangkat ke luar negeri di periode tersebut ada 22.122 dan untuk WNI yang berangkat berjumlah 50.925 orang," jelasnya.

Baca Juga: Aturan Baru PPKM di Banten: Mal, Kafe, hingga Sekolah Bisa Buka

4. Ada 500 personel yang disiagakan di pintu masuk internasional

Ratusan WNA Tercatat Masuk Bandara Soekarno-HattaIDN Times/Maya Aulia Aprilianti

Meski telah dibuka, namun pihaknya tidak menambah personel Imigrasi untuk memeriksa pintu masuk Internasional di Bandara Soekarno-Hatta.

"Tapi sejauh ini kita sudah siagakan 500 personel untuk pemeriksaan internasional," kata dia

Topic:

  • Ita Lismawati F Malau

Berita Terkini Lainnya