Comscore Tracker

Bantu Korban Gempa di Cianjur, Tangsel Kirimkan Tim BPBD

Mereka membawa peralatan hingga pangan

Tangerang Selatan, IDN Times - Dalam upaya solidaritas membantu korban gempa di Cianjur, Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Kota Tangerang Selatan (Tangsel) mengirim berbagai bantuan pangan, tenda pengungsian, dan tim relawan untuk membantu korban gempa Cianjur.

Kepala Bidang Kedaruratan dan Logistik BPBD Tangsel M Faridzal Gumai mengungkapkan, pihaknya menerjunkan 20 tim BPBD Tangsel ke Cianjur. Mereka membawa berbagai bantuan pangan dan tenda pengungsian bagi korban gempa.

"Malam ini kami kirimkan 20 petugas BPBD dan berbagai bantuan seperti logistik, tenda pengungsian dan pendirian dapur umum untuk membantu para korban dan petugas setempat," kata Faridzal, Rabu (23/11/2022).

Baca Juga: Pemprov Banten Kirim Bantuan Logistik untuk Korban Gempa Cianjur  

1. Mereka di Cianjur selama 3 hari

Bantu Korban Gempa di Cianjur, Tangsel Kirimkan Tim BPBDKementerian PUPR Kirim Alat Berat Singkirkan Pohon Tumbang-Tanah Longsor di Cianjur. (dok. Kementerian PUPR)

Dia berharap bantuan ala kadarnya yang dikirimkan bisa berguna dan mengurangi beban para korban. Sementara 20 relawan BPBD Tangsel yang dikirim ke lokasi gempa diharapkan dapat bertugas dengan baik membantu korban gempa dan petugas.

"Sebanyak 20 petugas BPBD yang kami terjunkan ke lokasi kami tugaskan selama tiga hari agar bisa ikut membantu tim SAR, pendirian posko krisis center, bantuan dapur umum dan pendistribusian pemenuhan kebutuhan para korban," kata dia.

2. Gempa terasa hingga Lebak

Bantu Korban Gempa di Cianjur, Tangsel Kirimkan Tim BPBDAntrean di Stasiun Rangkasbitung, Lebak, Banten, Senin (8/6). (ANTARA FOTO/Muhammad Bagus Khoirunas)

Gempa berkekuatan Magnitudo (M)5 ,6 di Kabupaten Cianjur, Jawa Barat terasa ke sebagian wilayah Banten, Senin (21/11/2022). Goyangan gempa terasa di Tangerang, Tangerang Selatan, dan Lebak. 

Berdasarkan data Badan Meteorologi Klimatologi dan Geofisika (BMKG), gempa terasa dengan skala III di Rangkasbitung dan II - III di Tangerang Selatan. 

Berikut data lengkapnya:
Gempa darat 10 Km Barat Daya Kab. Cianjur, pukul 13.21WIB ini dirasakan(MMI):

V-VI Cianjur
IV - V Garut
IV - V Sukabumi
III Cimahi
III Lembang
III Kota Bandung
III Cikalong Wetan
III Rangkasbitung
III Bogor
III Bayah
II - III Rancaekek
II - III Tangerang Selatan
II - III DKI Jakarta
II - III Depok
II - III Tangerang

3. Ini penjelasan BMKG

Bantu Korban Gempa di Cianjur, Tangsel Kirimkan Tim BPBDANTARA FOTO/Asep Fathulrahman

Sementara itu, Kepala Pusat Gempabumi dan Tsunami BMKG Daryono menjelaskan, skala intensitas V - VI MMI ( Getaran dirasakan oleh semua penduduk. Kebanyakan semua terkejut dan lari keluar ). Garut dan Sukabumi IV - V MMI. "Getaran dirasakan hampir semua penduduk, orang banyak terbangun," kata Daryono dalam keterangannya, hari ini.

Cimahi, Lembang, Kota Bandung, Cikalong Wetan, Rangkasbitung, Bogor dan Bayah dengan skala intensitas III MMI (Getaran dirasakan nyata dalam rumah. Terasa getaran seakan akan truk berlalu). Rancaekek, Tangerang Selatan, Jakarta dan Depok dengan skala intensitas II - III MMI Getaran dirasakan nyata dalam rumah. "Terasa getaran seakan akan truk berlalu," jelasnya.

Hingga saat ini sudah ada laporan kerusakan bangunan seperti rumah dan toko juga dampak longsor di wilayah Cianjur yang ditimbulkan akibat gempabumi tersebut.

Baca Juga: Dewan Pengupahan Usul UMP Banten 2023 Naik Maksimal 7,48 persen

Topic:

  • Ita Lismawati F Malau

Berita Terkini Lainnya