Comscore Tracker

Cegah Penyebaran COVID-19 dari OTG, Pemkot Tangerang Sewa Hotel Kyriad

Hotel Kyriad jadi lokasi isolasi OTG

Kota Tangerang, IDN Times - Pemerintah Kota (Pemkot) Tangerang akhirnya memilih Hotel Kyriad sebagai tempat isolasi mandiri pasien positif COVID-19 dengan status orang tanpa gejala (OTG). Hotel ini terletak di Jalan Marsekal Surya Darma No. 1, Kelurahan Karang Sari. 

Wakil Wali Kota Tangerang, Sachrudin menyebut, saat ini telah disiapkan satu tower khusus dengan total tujuh lantai berkapasitas 165 kamar untuk pasien positif COVID-19 berstatus OTG.

"Ada tujuh lantai, dengan kapasitas 165 kamar, termasuk dan juga rooftop untuk berjemur pasien," katanya, seperti dikutip dari ANTARA, Senin (5/10/2020).

Baca Juga: Rawat Pasien OTG COVID-19, Pemkot Tangerang Bakal Sewa Hotel

1. Penyediaan tempat isolasi OTG bisa jadi cara menekan angka sebaran COVID-19

Cegah Penyebaran COVID-19 dari OTG, Pemkot Tangerang Sewa Hotel KyriadArief R wismansyah memeriksa kesiapan Puskesmas Jurumudi baru sebagai tempat isolasi dan perawatan pasien COVID-19 (Instagram.com/ariefwismansyah)

Sachrudin mengatakan, dengan disiapkan hotel sebagai tempat isolasi OTG COVID-19 ini, bisa menjadi salah satu alternatif bagi pemerintah daerah untuk menekan angka penyebaran COVID-19 dan meningkatkan angka kesembuhan pasien positif COVID-19 di Kota Tangerang.

"Dengan adanya fasilitas yang kami siapkan ini, tentu harapan kami mereka bisa cepat sembuh. Sehingga tidak ada lagi yang melakukan isolasi mandiri di rumah yang malah berakibat menularkan ke anggota keluarga lainnya," ucap Sachrudin.

2. Empat dokter jaga disiapkan

Cegah Penyebaran COVID-19 dari OTG, Pemkot Tangerang Sewa Hotel Kyriadpinterest

Sementara itu, Kepala Dinas Kesehatan Kota Tangerang dr. Liza Puspadewi mengatakan, pemkot telah mempersiapkan empat dokter jaga, yang setiap dokter bertanggung jawab terhadap 40 pasien OTG yang dikarantina. 

"Zona hijaunya ada di lantai 2, dimana akan menjadi kamar peristirahatan dokter, nakes, logistik obat-obatan, ruang perawatan pasien, dan ruang steril untuk dokter dan nakes bersih-bersih," tambahnya.

3. OTG COVID-19 di Kota Tangerang bakal diisolasi Pemkot

Cegah Penyebaran COVID-19 dari OTG, Pemkot Tangerang Sewa Hotel KyriadIDN Times/Maya Aulia Aprilianti

Sebelumnya diberitakan, Pemerintah Kota (Pemkot) Tangerang sedang merencanakan menyewa hotel sebagai tempat isolasi mandiri baru bagi pasien COVID-19 berstatus Orang Tanpa Gejala (OTG).

"Kami sedang mempersiapkan pelayanan di hotel itu mulai dari tenaga kesehatan, peralatan dan fasilitasnya," kata Wali Kota Tangerang Arief R Wismansyah, Jumat (2/10/2020).

Baca Juga: Akan Demo ke DPR, Massa Buruh di Bekasi dan Tangerang Dicegat Polisi

Topic:

  • Ita Lismawati F Malau

Berita Terkini Lainnya