DPRD Kota Tangerang: Ketimbang Swasta, Warga Lebih Nyaman di RSUD

DPRD dorong RSUD baru sudah mulai dibangun tahun depan

Kota Tangerang, IDN Times - Ketua DPRD Kota Gatot Wibowo menyebut, berdasar telaah dan masukan masyarakat, psikologis warga Kota Tangerang lebih nyaman berobat ke Rumah Sakit Umum Daerah (RSUD) ketimbang ke rumah sakit swasta meskipun jumlahnya lebih banyak.

Untuk itu, pihaknya mendorong agar Pemerintah Kota (Pemkot) Tangerang pada tahun depan sudah memulai pembangunan gedung RSUD baru.

Baca Juga: Polemik Baju Baru DPRD Kota Tangerang, Ini Kata Louis Vuitton

1. Disepakati pembangunan 1 RSUD baru, DED sedang disiapkan

DPRD Kota Tangerang: Ketimbang Swasta, Warga Lebih Nyaman di RSUDPuskesmas Jurumudi Baru (Dok. IDN Times/Eko)

Kepada IDN Times Gatot memaparkan, pada pembahasan Kebijakan Umum APBD (KUA) pihaknya sudah mengingatkan Tim Anggaran Pemerintah Daerah (TAPD) agar memprioritaskan pembangunan RSUD baru. Setelah itu, imbuhnya, akhirnya disepakatilah untuk pembangunan RSUD di wilayah barat.

"Awalnya DPRD mendorong dua yah, tapi berdasarkan kajian yang menjadi prioritas tahap awal ini satu dulu di (Kecamatan) Benda," kata Gatot, Jumat (13/8/2021).

Dijelaskannya, saat ini Pemkot sudah memulai untuk proses pembuatan Detail Engineering Design (DED).

2. Tahun depan proses pembangunan rumah sakit harus dimulai

DPRD Kota Tangerang: Ketimbang Swasta, Warga Lebih Nyaman di RSUDIlustrasi. ANTARA FOTO/Fauzan

Pihaknya berharap proses pembangunan RSUD baru ini cepat dilakukan dengan penargetan tahun depan RSUD baru tersebut sudah mulai dibangun dan tahun selanjutnya mulai beroperasi melayani masyarakat.

"Hasil telaah kita dan masukan dari masyarakat, ternyata masyarakat itu secara psikologis lebih nyaman dengan RSUD,  walaupun RS swasta banyak. Tapi mereka memang lebih nyaman dengan RSUD. Ini hasil aspirasi dengan masyarakat," kata Gatot.

Baca Juga: DPRD Kota Tangerang Pastikan Tak Ada Pembangunan RSUD Baru Tahun Ini 

3. DPRD akan dorong total pembangunan RSUD baru

DPRD Kota Tangerang: Ketimbang Swasta, Warga Lebih Nyaman di RSUDSidang di DPRD Kota Tangerang (Instagram/humas_dprdkotatangerang)

Pihaknya akan memastikan bahwa Pemkot Tangerang harus segera merealisasikan keinginan masyarakat untuk memiliki rumah sakit milik daerah yang baru.

"Kita pasti dorong total itu. Harus kita pastikan tahun depan ini memang sudah harus dibangun," tegasnya.

Baca Juga: Pemkab Tangerang Larang Perlombaan Peringatan HUT ke-76 RI

Topik:

  • Ita Lismawati F Malau

Berita Terkini Lainnya