Comscore Tracker

Ratusan Buruh dari Tangerang Ikut Aksi Tolak RUU Ciptaker di DPR RI 

Sekitar 500 buruh berangkat dengan berkonvoi

Kota Tangerang, IDN Times - Ratusan buruh dari Kota Tangerang bergerak ke DKI Jakarta untuk mengikuti aksi besar-besaran, Kamis (16/7/2020) menuntut DPR RI untuk membatalkan Rancangan Undang-Undang (RUU) Omnibus Law Cipta Kerja (Ciptaker).

"Ya, termasuk dari KASBI (Konfederasi Kongres Aliansi Serikat Buruh Indonesia), berangkat hari ini ke sana," kata Maman Nuriman, koordinator Kasbi Banten.

Baca Juga: Dikritik, Ini Pasal-pasal Kontroversial Omnibus Law Cipta Kerja

1. Ada sekitar 500 buruh dari Kota Tangerang

Ratusan Buruh dari Tangerang Ikut Aksi Tolak RUU Ciptaker di DPR RI Buruh di Banten berdemo (ANTARA FOTO/Weli Ayu Rejeki)

Maman mengatakan, sekitar ratusan buruh dari Kota Tangerang yang turut serta dalam aksi dengan melakukan konvoi menggunakan bus dan mobil. Titik kumpul para buruh sendiri berada di kawasan Batuceper.

"Ada sekitar 500 buruh yang ikut," ungkapnya.

2. Agendanya menolak Omnibus Law

Ratusan Buruh dari Tangerang Ikut Aksi Tolak RUU Ciptaker di DPR RI Suasana demo tolak RUU HIP dan RUU Omnibus Law di depan Gedung DPR, Kamis (16/7/2020) (IDN Times/Novy Agrina)

Dalam aksi ini, para buruh menolak untuk ditetapkannya RUU Ciptaker. Sebab, regulasi ini dianggap merugikan kaum buruh.

"Agenda kami masih menolak Omnibus Law Cipta Kerja," kata Maman.

3. Polisi kawal buruh yang akan aksi

Ratusan Buruh dari Tangerang Ikut Aksi Tolak RUU Ciptaker di DPR RI Suasana demo tolak RUU HIP dan RUU Omnibus Law di depan Gedung DPR, Kamis (16/7/2020) (IDN Times/Novy Agrina)

Pemberangkatan massa buruh dari Kota Tangerang itu dikawal aparat kepolisian. Sebab, arus lalu lintas sempat tersendat di lokasi tersebut. Polisi pun melakukan penguraian kemacetan.

"Pengawalan berlangsung kondusif," tutur Wakil Kapolres Metro Tangerang Kota AKBP Yudhistira Midhyawan.

Baca Juga: Pemkot Tangsel Sedang Kaji Insentif Bagi Siswa Saat Belajar Online

Topic:

  • Ita Lismawati F Malau

Berita Terkini Lainnya