Comscore Tracker

Terlantar, Kakek di Flyover Kebon Nanas Dievakuasi ke RSUD Tangerang

Iyos merupakan warga Cianjur, keluarganya kini dicari

Kota Tangerang, IDN Times - Pemerintah Kota (Pemkot) Tangerang menangani laporan orang terlantar di Flyover Kebon Nanas, Kota Tangerang.

Kepala Dinsos Kota Tangerang Mulyani mengungkapkan, laporan terkait Orang Terlantar (OT) ini masuk pada Selasa malam, sekitar pukul 09.00 WIB, petugas langsung ke lokasi dan membawa ambulans Orang terlantar itu pun  langsung dilarikan ke RSUD Kota Tangerang.

"Kondisi OT malam tadi dalam keadaan sakit, jadi di awal fokus pada penanganan kesehantannya lebih dulu. Tapi, secara identitas OT tidak punya, namun penanganan seluruhnya tetap ditanggung Pemkot Tangerang, dalam arti gratis," ungkap Mulyani, Rabu (3/8/2022).

1. Iyos warga Cianjur, Dinsos Kota Tangerang dengan Pemkab Cianjur

Terlantar, Kakek di Flyover Kebon Nanas Dievakuasi ke RSUD TangerangDok. Pemkot Tangerang

Ia menjelaskan, pagi ini OT sudah dalam kondisi yang lebih sehat, jadi tim Dinsos bisa melakukan assesment kepada yang bersangkutan.

Hasilnya, OT tersebut atas nama Iyos (52) dengan asal Cisarua Bogor. Memiliki anak di Cianjur dengan nama Neng Roh dan suaminya Asep. Iyos juga memiliki adik bernama Ade di Cisarua.

"Sambil menunggu kesehatan yang lebih pulih, tim Dinsos akan berkoordinasi dengan Dinsos Cianjur untuk mencari keluarga yang bersangkutan," kata Mulyani.

2. Iyos ditangani dokter spesialis paru

Terlantar, Kakek di Flyover Kebon Nanas Dievakuasi ke RSUD Tangerangilustrasi paru-paru normal dan PPOK (mrinz.ac.nz/Dr Ciléin Kearns)

Iyos sendiri kini sedang menjalani pengobatan di RSUD Kota Tangerang. Direktur RSUD Kota Tangerang, dr. Ou Taty mengatakan, pada saat datang ke Instalasi Gawat Darurat (IGD), Iyos dalam kondisi yang memerlukan penanganan kesehatan, karena penyakit yang dialami.

“Pasien kami terima sekitar pukul 21.00 WIB di IGD dan langsung kami lakukan penanganan sesuai dengan indikasi gawat darurat medis. Mulai dari, pemberian oksigen, terapi cairan, obat-obatan, serta pemeriksaan laboratorium,” kata Taty.

Dirinya melanjutkan, hingga kini kondisi Iyos dalam keadaan sadar dan sudah mampu menerima pertanyaan dari tim Dinas Sosial dalam melakukan assessmen terkait identitas diri dan keluarga.

“Saat ini pasien sudah dalam penanganan dokter spesialis paru. Awalnya pasien dirawat di ruang rawat inap lantai delapan Ulin satu, tetapi karena pasien membutuhkan penanganan yang intensif maka pasien dipindahkan ke ruang ICU," ungkapnya.

Baca Juga: Waspada! Pelaku Hipnotis Berkeliaran di Kota Tangerang

3. Pengobatan Iyos ditanggung negara

Terlantar, Kakek di Flyover Kebon Nanas Dievakuasi ke RSUD TangerangIlustrasi uang rupiah (IDN Times/Anggun Puspitoningrum).

Terkait biaya, Taty menjamin seluruh perawatan yang didapat Iyos akan ditanggung oleh APBD Kota Tangerang melalui Dinas Kesehatan hingga akhirnya Iyos dinyatakan sembuh.

“Untuk pembiayaan Orang Terlantar (OT) dijamin oleh Jaminan Pelayanan Kesehatan Daerah (Jamkesda) Dinas Kesehatan Kota Tangerang dengan melampirkan rekomendasi Dinsos Kota Tangerang,” kata Taty.

Hingga saat ini, Dinas Sosial tengah melakukan koordinasi dengan Dinas Sosial Cianjur terkait pencarian keluarga. Namun, jika belum ditemukan, sesuai SOP, Dinas Sosial akan merekomendasikan Iyos untuk tinggal di Rumah Singgah agar mendapatkan fasilitas yang layak.

Baca Juga: Ada Jajanan Jadul di Festival Kuliner TangCity Mall Tangerang

Topic:

  • Ita Lismawati F Malau

Berita Terkini Lainnya