TUTUP
SCROLL UNTUK MELANJUTKAN MEMBACA
Gabung di IDN Times

Didesak Cabut Laporan, Gubernur Wahidin: Bicara Kemanusiaan Nanti 

Dia pun tegas tak akan ikuti langkah Anies

Gubernur Banten Wahidin Halim dalam Rapat Paripurna Istimewa Hari Jadi ke-21 Provinsi Banten di Gedung DPRD Provinsi Banten, KP3B Curug, Kota Serang, Senin (4/10/2021). (Dok. Pemprov Banten)

Serang, IDN Times - Gubernur Banten Wahidin Halim nampaknya masih enggan mencabut laporannya terhadap buruh yang menerobos dan menduduki ruangan kerjanya meski mendapat desakan dari berbagai pihak.

Salah satunya dari Presiden Konfederasi Serikat Pekerja Seluruh Indonesia (KSPSI) Andi Gani Nena Wea dan Presiden Konfederasi Serikat Pekerja Indonesia (KSPI) Said Iqbal. Mereka meminta Wahidin menyelesaikan masalah dengan buruh menggunakan dengan keadilan restoratif (restorative justice) atau tempuh jalur damai.

"Ya manusiawi kita bicara kemanusiaan nanti. Liat dulu sebenarnya motivasinya apa? peristiwa seperti apa? Gua kan gak tahu," kata Wahidin saat dikonfirmasi, Rabu (29/12/2021).

Baca Juga: Gubernur Banten Enggan Tempuh Jalur Damai dengan Buruh

1. Wahidin meminta waktu untuk berpikir

Gubernur Banten, Wahidin Halim (ANTARA FOTO/Fauzan)

Kendati demikian, saat ini Wahidin masih mempertimbangkan langkah restorative justice dengan meminta pendapat berbagai pihak, termasuk dengan kuasa hukum. Dia meminta diberi waktu untuk berpikir jika diminta mencabut laporan.

"Sekarang masalahnya apa yang ditahan nanti dulu saya panggil dulu kuasa hukumnya. (Pendapat) dari berbagai sisi-sisi," katanya.

2. Gubernur Wahidin ingin bertemu langsung buruh yang geruduk kantornya

Tangkapan layar

Selain itu, mantan Wali Kota Tangerang itu mengaku ingin mengetahui sosok sejumlah buruh yang menggeruduk kantornya. Dia ingin bertemu dan mendengar langsung alasan, ruangan kerjanya diduduki paksa.

"Catat dulu nama-namanya siapa orangnya dimana? Gua pengen tahu. Dari dulu sebelum lahir juga udah maafin orang. Apapun gua orang paling ikhlas," katanya.

Baca Juga: Ratusan Buruh Duduki Kantor Gubernur Banten 

Berita Terkini Lainnya