TUTUP
SCROLL UNTUK MELANJUTKAN MEMBACA
Gabung di IDN Times

Omicron Terdeteksi di Tangsel, Dinkes Banten Minta Warga Waspada

Bisa picu lonjakan gelombang ketiga, warga diminta waspada

ilustrasi varian baru COVID-19, Omicron (IDN Times/Aditya Pratama)

Serang, IDN Times - Dinas Kesehatan (Dinkes) Provinsi Banten menyatakan kasus COVID-19 di wilayahnya kembali meningkat sejak Januari 2022. Peningkatan kasus terjadi di wilayah Tangerang Raya.

Kadinkes Ati Pramudji Hastuti menyatakan, kasus COVID-19 varian Omicron bahkan sudah masuk di wilayah Tangerang Selatan. "Semula dalam beberapa bulan kemarin kita sudah sangat melandai, namun pada awal Januari ini terjadi peningkatan," kata Ati saat dikonfirmasi, Kamis (13/1/2022).

Baca Juga: Pemkot Tangsel Konfirmasi 5 Warganya Terpapar Varian Omicron

1. Ada 4 kasus Omicron terdeteksi di Tangsel

ilustrasi seorang pasien COVID-19. (ANTARA FOTO/REUTERS/Marko Djurica)

Ati menyampaikan, pihaknya menditeksi ada empat kasus yang dinyatakan positif varian Omicron di Tangsel. Diantaranya, dua kasus berada di The Green BSD, satu kasus di Ciputat dan satu kasus lagi di Pondok Cabe Hilir.

"Varian Omicron dalam sisi penyebaran begitu luar biasa cepatnya dan meskipun varian ini belum terbukti memberikan dampak keganasan," katanya.

2. Tidak terlalu ganas, Omicron dinilai menyebar lebih cepat

ilustrasi pasien COVID-19 (ANTARA FOTO/Ampelsa)

Menurut Ati, dari sisi gejala terhadap beberapa orang yang terpapar Omicron ini hampir rata-rata tidak menimbulkan gejala. Kalaupun ada hanya menderita gejala ringan, namun semua pihak tetap waspada karena penyebaran virus ini begitu cepat.

"Dikhawatirkan jika ini dibiarkan maka akan timbul lonjakan kasus ketiga yang tentunya akan berdampak ke berbagai sektor baik kesehatan pendidikan juga ekonomi," katanya.

Baca Juga: Kick Off Vaksin Booster, RSUD Tangsel Vaksinasi 60 Peserta

Berita Terkini Lainnya