TUTUP
SCROLL UNTUK MELANJUTKAN MEMBACA
Gabung di IDN Times

Napi Asal Tiongkok Kabur, 5 Petugas Lapas Diperiksa

Kanwil Banten masih gali info soal Cai Changpan yang kabur

Ilustrasi Penjara (IDN Times/Mardya Shakti)

Tangerang, IDN Times - Kepala Kantor Wilayah (Kakanwil) Kementerian Hukum dan HAM (Kemenkumham) Banten Andika Dwi Prasetya, mengungkap bahwa lima petugas Lapas Kelas I Tangerang diperiksa terkait kaburnya narapidana Cai Changpan alias Cai Ji Fan, bandar narkoba asal Tiongkok.

"Kan belum selesai ini pemeriksaan, baru pendalaman. Sedang berjalan pemeriksaannya. Yang sementara kita anggap bertanggung jawab kita tarik (periksa) ke kanwil itu ada lima orang," kata Andika, Rabu (23/9/2020).

Baca Juga: Penampakan Gorong-gorong yang Dijadikan Jalan Kabur Napi Tiongkok

Baca Juga: Gali Gorong-gorong, Terpidana Mati Asal Tiongkok Kabur dari Lapas

1. Kakanwil Banten masih gali informasi kaburnya Cai Changpan

Ilustrasi penjara di Iran (Unsplash.com/Sigmund)

Andika menyebut, pihaknya juga masih menggali informasi terkait kaburnya bandar narkoba asal Tiongkok itu melalui gorong-gorong. "Itu lagi kita gali terus supaya misteri ini bisa kita ketahui dan terungkap. Dan kita meminta kepolisian yang ahli juga," katanya.

Andika menambahkan, Cai Changpan tidak dilempar ke Lapas Nusakambangan, Jawa Tengah lantaran saat itu Cai Changpan melarikan diri saat menjadi tahanan Bareskrim Polri.

"Alasannya, pada waktu dia melarikan diri itu ada asesmen bahwa masuk kategori tidak beresiko kan metodenya itu ukuran perilaku," ucapnya.

2. Lapas Kelas I Tangerang melebihi kapasitas

Lubang gorong-gorong di lapas kelas 1 Tangerang, yang dijadikan sebagai tempat kaburnya napi WNA Tiongkok (Dok. Lapas Kelas 1 Tangerang)

Sementara itu, Kepala Lapas Kelas I Tangerang, Jumadi, menyatakan kapasitas lapas pimpinannya adalah 600 tahanan. Namun, saat ini ada sebanyak 2.340 tahanan yang mendekam di sana.

"Jadi 89 persen itu (napi kasus) narkoba, sisanya adalah pidana umum teroris dan sebagainya," ujarnya.

Jumadi menambahkan, Cai Changpan dikirim ke Lapas Kelas I Tangerang dari Bareskrim Polri tahun 2018 lalu. "Karena sekarang masih penyelidikan jadi baru itu bisa saya sampaikan," ucapnya.

Baca Juga: Puluhan Napi Pidana Tinggi Lapas Tangerang Dipindahkan 

Berita Terkini Lainnya