TUTUP
SCROLL UNTUK MELANJUTKAN MEMBACA
Gabung di IDN Times

RSU Tangerang Ngaku Kewalahan Tangani Pasien COVID-19 Varian Delta 

Jumlah pasien meningkat, kematian terus bertambah

Ilustrasi IGD. (IDN Times/Besse Fadhilah)

Tangerang, IDN Times - Koordinator Lapangan Satgas COVID-19 RSU Kabupaten Tangerang, Dadang Kurniawan menyebut, pihaknya kewalahan menangani lonjakan kasus pasien COVID-19 sejak adanya temuan kasus COVID-19 varian delta.

Dadang menyebut, kini orang yang butuh ruangan IGD makin banyak dan tak hanya didominasi orang yang masuk dalam usia rentan, melainkan juga usia muda.

"Malah yang muda-muda di umur 20 sampai 30 tahun yang masuk IGD dan butuh ruangan ICU. Dan angka kematiannya cukup tinggi," kata Dadang, Senin (19/7/2021).

Baca Juga: 73 Ribu Anak SMP di Kota Tangerang Jadi Target Vaksinasi 

1. Pasien membeludak, ruang dan ICU dilipatgandakan

Ruang ICU di rumah sakit Portugal hampir mencapai batasnya. Ilustrasi (pexels.com/Pixabay)

Lebih lanjut Dadang menjelaskan, RSU Kabupaten Tangerang sempat hanya menyediakan delapan bed ICU di awal-awal pandemik. Namun ketika masuk varian delta, ruangan ICU sudah mencapai 21 bed.

"Masuk bulan Juni kita terus tambah sehingga sekarang 164 bed ruang perawatan isolasi dan 21 bed ruang ICU. Inikan peningkatannya cukup drastis ya, karena memang angkanya cukup tinggi," kata dia.

Baca Juga: Barisan Salib dan Nisan COVID-19 Terus Bertambah di Tangerang Raya

2. Angka pasien melonjak setelah masuknya varian delta

Ilustrasi seorang pasien COVID-19. (ANTARA FOTO/REUTERS/Marko Djurica)

Untuk angka kasus yang dirawat di bulan Maret 2021 , lanjutnya, pihaknya hanya merawat 33 pasien. Sedangkan di bulan Juni 2021 ini pihaknya sudah merawat 443 pasien COVID-19,

"Bulan Juli per tanggal 10 saja kita sudah merawat 186 pasien. Bahkan di minggu-minggu awal juli kemarin daftar antri IGD nya bisa mencapai 41 pasien," kata dia.

Dadang mengatakan, kematian pasien COVID-19 di RSU Kabupaten Tangerang juga meningkat semenjak masuknya varian delta ini.

Baca Juga: 800 Lebih Warga Kabupaten Tangerang Jalani Isoman di Rumah

Berita Terkini Lainnya