Kesulitan Air Bersih, Tangsel Bakal Dapat Pasokan dari Tangerang

Kedua daerah sudah sepakat kerja sama penyediaan air

Serang, IDN Times - Memasuki musim kemarau diwarnai fenomena El Nino, warga Kota Tangerang Selatan kesulitan pasokan air minum bersih. Untuk menangani krisis air bersih itu, Pemerintah Kota Tangerang Selatan menjalin kerja sama dengan Kabupaten Tangerang.

Kerja sama pasokan air minum bersih itu melalui Badan Usaha Milik Daerah (BUMD) masing-masing, yakni Perusahaan Umum Daerah Air Minum Tirta Kerta Raharja (PERUMDAM TKR) Kabupaten Tangerang dengan Perusahaan Perseroan Daerah Pembangunan Investasi (PT PITS) Tangerang Selatan.

Perjanjian kerja sama operasional penyelenggaraan sistem penyediaan air minum di Wilayah Kota Tangerang Selatan itu digelar di aula Kejaksaan Tinggi (Kejati) Provinsi Banten, Kota Serang, Selasa (19/9/2033).

Baca Juga: Kekeringan, 700 KK di Tangsel Krisis Air Bersih Sebulan Terakhir

1. Pemkot Tangsel kesulitan air bersih

Kesulitan Air Bersih, Tangsel Bakal Dapat Pasokan dari TangerangIDN Times/Khaerul Anwar

Wali Kota Tangerang Selatan Benyamin Davnie berharap, kerja sama tersebut dapat memberikan pelayanan air bersih yang maksimal kepada masyarakat Kota Tangerang Selatan.

Sejak musim kemarau ini, kata Benyamin, wilayahnya mengalami krisis air bersih dan pihaknya mengalami kesulitan dalam pasokan air terhadap warga. "(Pasokan air) masih kecil. Belum semua daerah tertangani, mungkin baru 10-11 persen," kata Benyamin.

2. Pemkab Tangerang siap memasok air baku ke Tangsel

Kesulitan Air Bersih, Tangsel Bakal Dapat Pasokan dari TangerangIDN Times/Khaerul Anwar

Sementara, Bupati Tangerang Ahmed Zaki Iskandar berharap dengan perjanjian kerja sama tersebut mampu membantu masyarakat Kota Tangerang Selatan untuk mendapatkan akses air yang berkualitas, lantaran hal tersebut berkaitan dengan kebutuhan prioritas bagi masyarakat.

"Air merupakan sumber kehidupan, dan menjadi tanggung jawab kita sebagai pemerintah," katanya.

3. Kerja sama pasokan air mendapat pendampingan kejaksaan

Kesulitan Air Bersih, Tangsel Bakal Dapat Pasokan dari TangerangIDN Times/Khaerul Anwar

Di tempat yang sama, Kepala Kejaksaan Tinggi Banten Didik Farkhan mengatakan, pihaknya akan mendampingi proses perjanjian kerja sama tersebut, hal itu dilakukan untuk meminimalisir timbulnya permasalahan hukum dikemudian hari.

Terlebih, lanjut Didik, sebelumnya pihaknya melalui Kejari Kabupaten Tangerang telah melakukan pendampingan kepada Perusahaan Umum Daerah Air Minum Tirta Kerta Raharja Kabupaten Tangerang, agar setiap program dapat berjalan dengan baik.

"Kita memberikan pendampingan legalnya, agar tidak ada masalah dengan hukum di kemudian hari," katanya.

Pj Gubernur Banten Al Muktabar yang turut menyaksikan kerja sama tersebut mengatakan bahwa kebutuhan air bersih dan air minum merupakan hal yang mendasar dalam kehidupan, sehingga diharapkan dapat dikelola dengan baik dan sebesar-besarnya dipersembahkan kepada masyarakat.

"Maka pengaturan tarif dan seterusnya itu dapat benar-benar terkondisikan dengan baik sesuai dengan kemampuan masyarakat," katanya.

Baca Juga: Dampak El Nino, 2.263 Hektare Sawah di Banten Kekeringan

Khairil Anwar Photo Community Writer Khairil Anwar

Jurnalis

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Topik:

  • Ita Lismawati F Malau

Berita Terkini Lainnya