6 Ton Sampah Liar di Kampung Ciapus Tangerang Diangkut DLHK

Pengangkutan dilakukan sejak Minggu, 9 Juni 2024

Tangerang, IDN Times - Sampah liar yang dibuang orang tidak dikenal di sepanjang Jalan Sukamulya, Kampung Ciapus, Kecamatan Cikupa, Kabupaten Tangerang berangsur diangkut oleh petugas Dinas Lingkungan Hidup (DLH) setempat. Hal tersebut setelah adanya penutupan jalan yang dilakukan warga sebagai bentuk protes atas menumpuknya sampah liar di kampung tersebut.

Kepala Seksi Pengumpulan dan Pengangkutan Sampah DLHK Kabupaten Tangerang, Agus mengatakan sebanyak 6 ton berhasil diangkut di wilayah Sukamulya, Cikupa tersebut.

“Pengangkutan sudah sejak hari Minggu (9/6/2024), diperkirakan total 6 ton, kami angkut di Jalan Sukamulya tersebut,” kata Agus, Rabu (12/6/2024).

Baca Juga: 32 Ribu Anak di Kota Tangerang Jalani Skrining Stunting

1. Camat Cikupa: pengangkutan sampah masih berlangsung

6 Ton Sampah Liar di Kampung Ciapus Tangerang Diangkut DLHKDok. Lurah Sukamulya Rita Wulansari

Sementara itu, Camat Cikupa Supriyadi mengatakan pihaknya masih melakukan proses pengangkutan sampah di kawasan tersebut hingga hari ini, Rabu (12/6/2024). Lamanya proses pengangkutan sampah lantaran sampah di jalan tersebut sudah sangat menumpuk.

"Sudah ditangani (pengangkutan sampah) bersama Kelurahan, memang sampahnya banyak," ujar Supriyadi.

2. Masyarakat diimbau tak membuang sampah di kawasan itu lagi

6 Ton Sampah Liar di Kampung Ciapus Tangerang Diangkut DLHKPexels

Senada, Lurah Sukamulya Rita Wulansari juga mengatakan hingga saat ini pihaknya bersama DLHK sedang melakukan proses pengangkutan sampah. Dia pun tak mengetahui pasti darimana asal sampah-sampah tersebut.

"Kita imbau jangan buang sampah sembarangan, karena akan dapat membuat masalah sembarangan. Buang lah sampah pada tempatnya,” kata Rita.

3. Warga sempat menutup akses jalan agar tak ada lagi pengendara yang buang sampah

6 Ton Sampah Liar di Kampung Ciapus Tangerang Diangkut DLHKDok. Warga

Sebelumnya, sejumlah warga Kampung Ciapus, Kelurahan Sukamulya, Kecamatan Cikupa, Kabupaten Tangerang, Banten, melakukan aksi pemblokiran atau penutupan jalan akibat adanya pembuangan sampah liar di lokasi tersebut. Penutupan akses jalan umum ini dilakukan warga dari dua arah antara lain menuju Tigaraksa dan Cikupa, Citra Raya, dengan dipasangi plang bertuliskan "Jalan ditutup karena banyak orang buang sampah sembarangan".

Selain itu terlihat juga sejumlah sampah dari berbagai jenis berserakan di sepanjang jalan tersebut hingga mengurai 20 meter dengan mengeluarkan bau kurang sedap.

Romli (40), salah satu warga setempat di Tangerang, Senin, mengaku bahwa aksi penutupan jalan ini merupakan bentuk protes pihaknya atas adanya pembuangan sampah liar di wilayah tersebut.

"Kami sengaja tutup agar tidak ada lagi aksi pembuangan sampah di tempat ini. Karena selama ini sangat berdampak buruk kepada lingkungan kami," ungkapnya dilansir dari ANTARA, Senin (10/6/2024).

Baca Juga: 9 Potret Perayaan Peh Cun 2024 di Kota Tangerang, Seru!

Topik:

  • Ita Lismawati F Malau

Berita Terkini Lainnya