Comscore Tracker

Napi Cai Changpan Kabur, 5 Petugas Lapas Tangerang Dinonaktifkan

Salah satunya menjabat sebagai kepala kesatuan pengamanan

Tangerang, IDN Times -  Sebanyak lima oknum petugas Lembaga Pemasyarakatan Klas I A Tangerang dinonaktifkan dari jabatannya. Hal itu terkait insiden kaburnya terpidana mati asal Tiongkok Cai Changpan, dari sel tahanan.

Salah satu petugas yang terkena sanksi tegas itu menjabat sebagai Kepala Kesatuan Pengamanan Lapas Klas I A Tangerang.

Baca Juga: Gali Gorong-gorong, Terpidana Mati Asal Tiongkok Kabur dari Lapas

2. Komandan dan petugas yang saat Cai Changpan kabur juga kena hukuman

Napi Cai Changpan Kabur, 5 Petugas Lapas Tangerang DinonaktifkanLubang gorong-gorong di lapas kelas 1 Tangerang, yang dijadikan sebagai tempat kaburnya napi WNA Tiongkok (Dok. Lapas Kelas 1 Tangerang)

Selain Kepala Kesatuan Pengamanan Lapas Klas I A Tangerang, dua orang komandan jaga yang saat itu bertugas, dan dua orang petugas jaga yang pada saat itu bertugas juga ikut dinonaktifkan.

"Sementara ini, baru lima orang petugas dinonaktifkan dari jabatannya," kata Kepala Bagian Humas dan Protokol Direktorat Jenderal Pemasyarakatan Kementerian Hukum dan Hak Asasi Manusia, Rika Aprianti, seperti dikutip dari ANTARA, Senin (5/10/2020).

2. Kelima petugas itu kini ditempatkan di Kantor Wilayah Kementerian Hukum dan HAM Banten

Napi Cai Changpan Kabur, 5 Petugas Lapas Tangerang DinonaktifkanCai Changpan, WNA asal Tiongkok yang kabur dari Lapas Kelas 1 Tangerang jadi DPO (Dok. IDN Times/Istimewa)

Ia menambahkan, kelima oknum petugas Lapas tersebut kini ditempatkan sementara di Kantor Wilayah Kementerian Hukum dan HAM Banten selama dinonaktifkan dari jabatannya.

3. Ada petugas yang membantu membelikan peralatan untuk Cai Changpan

Napi Cai Changpan Kabur, 5 Petugas Lapas Tangerang DinonaktifkanGorong-gorong di lapas kelas 1 Tangerang, yang dijadikan sebagai akses kaburnya napi WNA Tiongkok (Dok. Lapas Kelas 1 Tangerang)

Sebelumnya diketahui, baru dua orang oknum petugas Lapas Klas I A Tangerang yang diduga terlibat dalam insiden pelarian Cai Changpan. Keterangan tersebut diketahui dari penuturan Kepala Bidang Humas Polda Metro Jaya Kombes Pol Yusri Yunus di Mako Polda Metro Jaya, Jumat (2/10/2020).

"Peran kedua duanya adalah memang diakui bahwa informasi dari salah satu napi juga, bahwa dia (oknum petugas lapas) yang membantu untuk membelikan peralatan-peralatan (untuk kabur), salah satunya adalah pompa air ini," ujar Yusri.

Yusri mengatakan berdasarkan hasil penyelidikan kepolisian, terpidana mati kasus narkoba Cai Changpan kabur dari Lapas Kelas 1 Tangerang pada Senin (14/9) dengan cara membuat lubang selebar 2,5 meter dan panjang 30 meter ke luar lapas.

Cai diduga mendapatkan alat-alat untuk menggali terowongan dari proyek pembangunan dapur yang sedang berlangsung di dalam Lapas Tangerang.

Baca Juga: Gali Gorong-gorong, Terpidana Mati Asal Tiongkok Kabur dari Lapas

4. Cai Changpan masuk daftar pencarian orang alias DPO!

Napi Cai Changpan Kabur, 5 Petugas Lapas Tangerang Dinonaktifkanilustrasi tahanan kabur (ANTARAnews)

Polda Metro Jaya bersama Polres Metro Tangerang Kota telah memasukkan narapidana (napi) Cai Changpan ke dalam daftar pencarian orang (DPO). Cai Changpan alias Antoni merupakan bandar narkoba yang divonis hukuman mati oleh Pengadilan Negeri (PN) Kota Tangerang pada 19 Juli 2017.

Polda Metro bekerja sama dengan Polres Tangerang telah menerbitkan selebaran DPO. Di dalam selebaran itu terdapat sejumlah informasi penting mengenai Cai Changpan.

"Betul, jadi sudah dimunculkan DPO ke yang bersangkutan, itu benar," kata Kabid Humas Polda Metro Jaya, Kombes Pol Yusri Yunus. 

Selebaran tersebut juga mencantumkan nomor telepon Satresnarkoba Polres Metro Tangerang Kota di nomor 081253178671, yang bisa dihubungi oleh masyarakat yang mempunyai informasi mengenai keberadaan Cai Changpan.

Jika kamu memiliki informasi mengenai kaburnya Cai Changpan ini, segera lapor ke polisi ya

Baca Juga: 8 Fakta Cai Changpan, Napi Asal Tiongkok yang Kabur dari Lapas

Topic:

  • Ita Lismawati F Malau

Berita Terkini Lainnya