Capaian Vaksinasi Pandeglang Terendah di Banten

Pandeglang baru 27 persen, Kabupaten Serang 29 persen

Serang, IDN Times - Kabupaten Pandeglang dan Kabupaten Serang menjadi daerah paling rendah capaian vaksinasi di Provinsi Banten. Capaian vaksinasi COVID-19 di dua daerah ini masih dibawah 30 persen.

Berdasarkan data yang dirangkum Dinas Kesehatan Provinsi Banten, vaksinasi di Kabupaten Pandeglang baru mencapai 27 persen dan Serang mencapai 29 persen. Terendah ketiga yakni Kabupaten Lebak yang mencapai 34 persen.

Baca Juga: Jokowi Soroti Ketimpangan Capaian Vaksinasi di Banten 

1. Ada sejumlah daerah yang sudah mencapai target

Capaian Vaksinasi Pandeglang Terendah di BantenIlustrasi vaksinasi COVID-19 (ANTARA FOTO/Aditya Pradana Putra)

Kendati demikian, sejumlah daerah lain telah merampungkan target capaian vaksinasi. Salah satunya Kota Tangerang yang per 31 Oktober 2021 yang telah mencapai 91,8 persen, disusul Kota Serang 83 persen, Kota Tangerang Selatan 78,5 persen, Kabupaten Tangerang 70,4 persen, dan Kota Cilegon 67 persen.

"Jadi kalau total keseluruhan capaian vaksinasi di Banten 61,1 persen," kata Kepala Dinkes Banten Ati Pramudji Hastuti, Senin (1/11/2021).

2. Pemprov Banten akan fokus vaksinasi ke tiga daerah tersebut

Capaian Vaksinasi Pandeglang Terendah di BantenVaksinasi lansia di Sentra Vaksinasi BUMN di PRPP Jateng Semarang. (IDN Times/Anggun Puspitoningrum).

Dengan melihat data tersebut, kedepan, kata Ati, Pemerintah Provinsi Banten akan memfokuskan target vaksinasi di tiga daerah tersebut dengan dibantu oleh TNI/Polri. Terutama, di wilayah-wilayah di perdesaan.

"Jadi kendalanya masih sama ada yang masih belum percaya dengan tentang keamanan vaksin," katanya.

Baca Juga: Pemprov Banten Antisipasi Lonjakan COVID-19 Saat Libur Akhir Tahun 

3. Rendahnya capaian vaksinasi di tiga daerah itu sempat disinggung Jokowi

Capaian Vaksinasi Pandeglang Terendah di BantenPresiden Jokowi dialog dengan pelajar saat tinjau vaksinasi massal untuk pelajar di Kabupaten Klaten pada Senin (13/9/2021). (youtube.com/Sekretariat Presiden)

Diketahui, sebelumnya Presiden Joko Widodo sempat menyoroti ketimpangan angka vaksinasi kabupaten/kota di Provinsi Banten pada saat kunjungan kerja ke Banten, dua bulan lalu.

Dia menyampaikan ada tiga daerah yakni Pendeglang, Serang, dan Lebak yang angka vaksinasinya di Banten masih rendah. Saat itu, Jokowi menyebut masih di bawah 20 persen.

Ketiga daerah yang menjadi sorotan Jokowi pun masih sama, yakni Pandeglang, Lebak, dan Serang. 

Topik:

  • Ita Lismawati F Malau

Berita Terkini Lainnya