Usaha Kuliner di Kota Tangerang Boleh Beroperasi Lagi! 

#NewNormal Tapi, ada syaratnya...

Kota Tangerang, IDN Times - Empat tim pengawasan dan kepatuhan Dinas Pariwisata Kota Tangerang dibentuk jelang beroperasnya seluruh restoran dan tempat usaha makanan atau minuman. Tim ini nantinya bertugas untuk mengawasi penerapan protokol kesehatan pada usaha kuliner. 

Dikutip dari Antaranews, Rabu (24/6), Kabid Pariwisata Disbudparman, Boyke Urip H menjelaskan, diperbolehkannya kembali restoran atau tempat usaha makanan/minuman beroperasi sesuai surat edaran Kepala Disbudparman Kota Tangerang Nomor : 556/753 tentang Persiapan Pelaksanaan Pembukaan Restoran atau sejenisnya dalam masa pandemi COVID-19 di Kota Tangerang,

"Kita mulai monitoring sejumlah restoran di Kecamatan Tangerang, Cipondoh, Cibodas dan Karang Tengah. Sisanya akan bergilir di hari kedua dan ketiga. Pengawasan dilakukan di 13 kecamatan," katanya.

1. Para pelaku usaha kuliner diperbolehkan buka asal memenuhi syarat-syarat tertentu

Usaha Kuliner di Kota Tangerang Boleh Beroperasi Lagi! IDN Times/Muhamad Iqbal

Boyke menjelaskan, pelaku usaha kuliner diperbolehkan melayani makan di tempat, namun ada tiga aspek dan 18 indikator yang harus dipenuhi. Indikator itu mulai dari aspek kesehatan, keamanan, hingga keselamatan.

"Mulai dari pelayan yang menggunakan masker, face shield, sarung tangan, menerapkan physical distancing, westafel, hingga daya tampung pengunjung yang hanya 50 persen," jelas Boyke.

2. Para pembeli juga diwajibkan pakai masker dan cek suhu

Usaha Kuliner di Kota Tangerang Boleh Beroperasi Lagi! Ilustrasi penerapan new normal di restoran (ANTARA FOTO/Arif Firmansyah)

Boyke mengatakan, nantinya pengunjung juga diwajibkan menggunakan masker, cek suhu, dan hand sanitizer sebelum masuk kawasan restoran.

"Kami, Disbudparman telah bekerjasama dengan Satpol PP untuk melakukan tindakan tegas, bagi mereka pelaku usaha yang melanggar aspek atau indikator yang telah ditetapkan," kata Boyke.

3. Pelaku usaha siap terapkan protokol COVID-19

Usaha Kuliner di Kota Tangerang Boleh Beroperasi Lagi! IDN Times/Muhamad Iqbal

Sementara itu, Yulia, salah satu usaha restoran mengaku siap beroperasional di tengah pandemik COVID-19. Pasalnya, pihaknya sudah memfasilitasi protokol kesehatan untuk karyawan, pengunjung, maupun di lingkungan restoran.

"Alhamdulillah restoran kami sudah bisa beroperasional normal lagi. Tapi tentunya, kami ikuti aturan yang ada. Karena ini untuk kesehatan dan keselamatan kami semua maupun para konsumen," katanya.

Baca Juga: Restoran di Tangsel Bisa Buka dan Layani Makan di Tempat

Topik:

  • Ita Lismawati F Malau

Berita Terkini Lainnya