Comscore Tracker

Faktor Urbanisasi, Bupati Tangerang Dukung Ibu Kota Pindah dari DKI 

Tidak kurang 2.000 orang pindah domisili setiap bulannya

Kabupaten Tangerang, IDN Times - Bupati Kabupaten Tangerang Ahmed Zaki Iskandar mendukung rencana pemerintah pusat untuk memindahkan ibu kota negara dari Jakarta ke Kalimantan. Dia menilai, pemindahan ibu kota bisa mengurangi angka urbanisasi di Tangerang, Banten.

Berdasarkan data Dinas Kependudukan dan Pencatatan Sipil (Disdukcapil) Tangerang, kata Zaki, saat ini angka urbanisasi di wilayahnya sudah mencapai 2.000 orang per bulan. 

Baca Juga: Kekeringan di Tangerang Makin Parah, Pemkab Tetapkan Siaga Bencana

1. Zaki dukung ibu kota negara pindah ke Kalimantan

Faktor Urbanisasi, Bupati Tangerang Dukung Ibu Kota Pindah dari DKI IDN Times/Candra Irawan

"Terkait pemindahan ibu kota sangat mendukung, karena dengan pemindahan ibu kota mudah-mudahan bisa mengurangi urbanisasi di Kabupaten Tangerang," jelas Bupati Zaki kepada IDN Times, Jumat (16/8) lalu.

2. Sebanyak 2.000 orang mengajukan pindah domisili

Faktor Urbanisasi, Bupati Tangerang Dukung Ibu Kota Pindah dari DKI IDN Times/Candra Irawan

Sementara itu, Kepala Disdukcapil Kabupaten Tangerang Syafrudin menjelaskan, arus urbanisasi di wilayah tersebut dapat dilihat dari data kepindahan dan kedatangan penduduk, melalui Surat Keterangan Pindah WNI (SKPWNI) ada 2.000 orang yang mengajukan pindah domisili.

"Itu memang satu bulannya itu tidak kurang 2.000-an orang yang mengajukan pindah domisili, apalagi di bulan-bulan atau momen tertentu seperti Idul Fitri pengajuan dari kaum urban itu akan meningkat," ujarnya.

3. Belum ada upaya penanggulangan

Faktor Urbanisasi, Bupati Tangerang Dukung Ibu Kota Pindah dari DKI IDN Times/Candra Irawan

Syafrudin mengaku, penanggulangan terkait fenomena tersebut seharusnya ada namun secara umum leading sectornya bukan di Disdukcapil, karena ada beberapa Organisasi Perangkat Daerah (OPD) lainnya yang memiliki kewenangan yang sama.

"Dinas Pengendalian Penduduk dan Keluarga Berencana (DP2KB) juga bisa, kalau kami hanya aspek dokumentasi administrasinya saja," ucap Syafrudin.

Baca Juga: Gubernur Isran Tetap Kukuh Pembangunan Ibu Kota Baru di Bukit Soeharto

Topic:

  • Sunariyah

Just For You