Comscore Tracker

Wacana MRT Sampai Tangsel, Airin Ngarep Bisa Peletakan Batu Pertama 

Wacana MRT Lebak Bulus-Rawa Buntu belum jelas

Tangerang Selatan, IDN Times - Harapan Pemerintah Kota Tangerang Selatan agar wilayahnya terhubung Mode Raya Terpadu (MRT) melalui wacana perpanjangan jalur MRT dari Lebak Bulus ke Rawa Buntu, belum ada titik terang.

Wali Kota Tangsel Airin Rachmi Diany masih berharap dirinya bisa melakukan peletakan batu pertama pembangunan MRT di wilayahnya. 

1. Problem terbesar Tangsel bangun MRT adalah dana pembebasan lahan

Wacana MRT Sampai Tangsel, Airin Ngarep Bisa Peletakan Batu Pertama MRT Jakarta (Istimewa)

Airin mengatakan, problem terbesar pengembangan MRT dan Lintas Rel Terpadu (LRT) di Tangsel adalah masalah pembebasan lahan.

Airin menyebutkan Pemkot Tangsel tidak memiliki anggaran yang cukup, untuk pembebasan lahan jalur MRT dan LRT. Sehingga pelaksanaannya menunggu pemerintah pusat.

"Tantangan terbesar kita dalam transportasi adalah pembebasan lahan. Seperti jalan tol, kenapa bisa sampai 10 tahun dan baru diresmikan presiden, padahal itu dari 2006," kata Airin, Tangsel, Banten, Jumat (27/12).

Baca Juga: Sambut Natal dan Tahun Baru, LRT Jakarta Suguhkan Akapela di Kereta

2. Airin berharap bisa meletakkan batu pertama sebelum masa jabatannya berakhir

Wacana MRT Sampai Tangsel, Airin Ngarep Bisa Peletakan Batu Pertama MRT Jakarta (IDN Times/Fitria Madia)

Airin berharap jalur MRT ke Tangsel dapat segera dibangun. Sehingga, masyarakat Tangsel yang banyak berasal dari kaum urban dapat merasakan manfaatnya.

"Saya mempunyai mimpi, mudah-mudahan peletakan batu pertama perpanjangan MRT ke Tangsel, sebelum saya selesai jadi wali kota. Tetapi kan kewenangan untuk itu bukan di sini, tetapi adanya di pusat," ungkap dia.

3. Pengembangan MRT baru tahap kelayakan

Wacana MRT Sampai Tangsel, Airin Ngarep Bisa Peletakan Batu Pertama MRT Jakarta (Istimewa)

Airin menjelaskan pengembangan jalur MRT ke Tangsel belum mengalami kemajuan berarti. Sejak kali pertama diwacanakan beberapa tahun lalu, pengembangan MRT baru tahap kelayakan.

Menurut Airin, moda transportasi kereta layang ini sudah memenuhi unsur kelayakan proyek atau pra Feasibility Study (FS). Sehingga bisa diteruskan ke tahap FS atau pembangunan.

"Tidak hanya MRT, LRT juga akan diteruskan hingga ke Tangsel. Kami juga sudah mengeluarkan rekomendasi ke Waskita Karya untuk melakukan pra FS, agar LRT bisa melintasi kawasan perumahan," kata dia.

4. Selain wacana MRT, ada juga wacana LRT

Wacana MRT Sampai Tangsel, Airin Ngarep Bisa Peletakan Batu Pertama MRT Jakarta (IDN Times/Muhamad Iqbal)

Kawasan perumahan mana saja yang kemungkinan akan dilintasi LRT dan MRT, Airin mengaku belum mengetahui, karena masih dalam pembahasan lebih lanjut.

"Waskita Karya juga pernah membuat LRT di Palembang, sehingga mereka melihat bahwa ada sesuatu yang bermanfaat jika itu dikembangkan di Tangsel. Sehingga perlu adanya investasi lagi bagi LRT," kata dia. 

Airin berharap LRT bisa menjadi pengumpan penumpang MRT dan terkoneksi dengan transportasi massal yang ada di Kota Tangsel, dan mengurai kemacetan yang ada. 

Keinginan meneruskan pembangunan MRT dan LRT hingga ke Tangsel, disambut Badan Pengelola Transportasi Jakarta (BPTJ) yang melihat pengembangan jalur transportasi massal di Tangsel mendesak. 

Sementara, Direktur Keuangan dan Administrasi PT MRT Jakarta Tuhiyat mengatakan, Badan Pengatur Transportasi Jabodetabek mengusulkan rute perpanjangan jalur MRT hingga Tangsel.

"Tetapi, ini belum bersifat final, sebab masih harus dikaji terlebih dahulu aspek bisnisnya seperti trase ini menguntungkan atau tidak, dibutuhkan atau tidak," kata Tuhiyat baru-baru ini.

 

Baca artikel menarik lainnya di IDN Times App, unduh di sini http://onelink.to/s2mwkb

Baca Juga: Hujan Deras Landa Jakarta, Stasiun MRT Matikan Eskalator

Topic:

  • Rochmanudin

Berita Terkini Lainnya