Comscore Tracker

Menteri Pertanian Lepas Ekspor Suplemen Hewan Asal Tangsel ke Denmark

Mentan: meski pandemik hasil pertanian berikan kontribusi 

Tangerang Selatan, IDN Times - Menteri Pertanian RI Syahrul Yasin Limpo resmi melepas ekspor produk suplemen makanan hewan ke luar negeri. Kali ini, sasaran ekspor suplemen makanan hewan itu adalah Denmark.

Pelepasan produk ekspor pertanian ini menandai misi promosi produk - produk pertanian, peternakan, dan produk ternak hewan yang dikemas dalam kegiatan ODICOFF (one day with Indonesia coffee, fruit and floriculture). 

"Ini menjadi kelebihan - kelebihan yang harus kita syukuri, untuk menjadikan negara ini lebih baik lagi," kata Mentan Syahrul Yasin Limpo di kantor PT Nutricell Pacifik, Komplek pergudangan taman Tekno, Serpong,Tangsel, Selasa (15/2/2022).

Baca Juga: Kejar Target Kredit Rp4,8 Triliun, Bank Banten Kerahkan Millennials  

1. Wabah COVID-19 runtuhkan ekonomi dunia, sektor pertanian dan peternakan dinilai beri kontribusi positif

Menteri Pertanian Lepas Ekspor Suplemen Hewan Asal Tangsel ke DenmarkIlustrasi Suasana Pandemik COVID-19 di Brazil, Amerika (ANTARA FOTO/REUTERS/Adriano Machado)

Kata Yasin, pandemik COVID-19 yang menghantam ekonomi dunia dari tahun 2020 lalu tidak membuat produk-produk pertanian dan peternakan RI terpukul. Sebab, selama dua tahun pandemik COVID-19 ini melanda tanah air, produk ekspor hasil pertanian RI tetap memberikan kontribusi yang positif. 

"Di saat dua tahun ini semua sektor jatuh tak berdaya, sektor pertanian tetap tumbuh sebesar 16,4 persen. Sektor lain turun bahkan minus. Ternyata tahun ini tembus Rp625 triliun ekspor kita," jelasnya. 

Baca Juga: Dinkop Tangsel Siapkan Program Pinjaman Modal Usaha UMKM 

2. Nilai kontrak ekspor ini capai 1 juta euro

Menteri Pertanian Lepas Ekspor Suplemen Hewan Asal Tangsel ke Denmarkpixabay

Sementara CEO Nutricell Pacifik, Suaedi Sunanto, menerangkan bahwa pihaknya telah mengekspor produk hasil pertanian berupa produk suplemen makanan hewan Nutrifat Ca 84 sebanyak 13 metrik ton dengan negara tujuan Denmark. 

"Dari total kesepakatan pada hari ini diberangkatkan 13 ton suplemen yang terbuat dari produk-produk asli Indonesia. Pelepasan produk ekspor hari ini merupakan pengiriman perdana dari total nilai kesepakatan sebesar 1 juta Euro," kata Suaedi. 

3. Ekspor ini jadi momentum kebangkitan

Menteri Pertanian Lepas Ekspor Suplemen Hewan Asal Tangsel ke DenmarkIlustrasi Ekspor (IDN Times/Arief Rahmat)

Menurutnya, pelaksanaan ODICOFF dapat dijadikan momentum untuk membangun kebersamaan dalam menciptakan keunggulan para pelaku industri dalam melakukan ekspor produk-produk pertanian, peternakan dan produk nutrisi serta kesehatan hewan.

"Pelepasan ekspor ini merupakan yang kesekian kalinya produk Nutricell menembus pasar global, termasuk pasar Eropa," jelas dia.

Baca Juga: Tegakkan PPKM Level 3, Satpol PP Tangsel Terus Gelar Razia

Topic:

  • Ita Lismawati F Malau

Berita Terkini Lainnya