Polisi Kejar Enam Warga Terkait Perburuan Badak Jawa di TNUK

Polisi sudah mengantongi identitas pelaku

Serang, IDN Times - Direktorat Reserse Kriminal Umum (Ditreeskrimum) Polda Banten mengejar enam warga yang terindikasi memelakukan perburuan liar badak jawa di Kawasan Taman Nasional Ujung Kulon (TNUK).

"Kita sudah dapatkan alat bukti yang kuat bahwa mereka melakukan perburuan liar (badak jawa)," kata Direktur Reserse Kriminal Umum (Dirreskrimum) Polda Banten Kombes Pol Yudhis Wibisana, Selasa (15/8/2023).

Baca Juga: Antisipasi Perburuan Badak Jawa di TNUK, Polisi Sita 200 Bedil Locok

1. Aktivitas perburuan liar mereka terekam kamera trap

Polisi Kejar Enam Warga Terkait Perburuan Badak Jawa di TNUKIDN Times/Khaerul Anwar

Dia mengatakan, keenam orang tersebut sudah menjadi target operasi oleh Polda Banten. Enam orang yang merupakan warga Cimanggu, Kabupaten Pandeglang itu saat ini sedang melarikan diri saat tim satgas menggelar operasi di sekitar wilayah TNUK.

Aktivitas perburuan mereka di dalam kawasan TNUK terekam oleh kamera trap yang dipasang oleh petugas. "Dari hasil penggeledahan di rumah salah satu terduga pelaku, ditemukan tanduk rusa dan tanduk banteng," katanya.

2. Kamera trap turut dicuri oleh para pelaku

Polisi Kejar Enam Warga Terkait Perburuan Badak Jawa di TNUKIDN Times/Khaerul Anwar

Bahkan, sejumlah kamera trap yang telah dipasang petugas Balai Konservasi TNUK untuk memantau aktivitas badak bercula satu itu hilang dicuri oleh mereka agar perburuan liarnya tidak terpantau petugas.

"Sudah ada informasi yang kita TO ini sering keluar masuk selalu malam hari mengambil beberapa kamera," katanya.

3. Polisi masih menunggu pemeriksaan forensik tulang yang terindikasi dari badak jawa

Polisi Kejar Enam Warga Terkait Perburuan Badak Jawa di TNUKIDN Times/Khaerul Anwar

Disampaikan Yudhis, pada saat tim gabungan Polda Banten bersama Gakum Kementerian Lingkungan Hidup dan Kehutanan (KLHK) menemukan tulang-belulang yang diindikasikan sebagai tulang badak jawa.

"Namun adapun tulang belulang yang disampaikan pak Dirjen (Gakum KLHK) itu belum bisa dipastikan apakah itu tulang badak masih (pemeriksaan forensik) diforensik," katanya.

Baca Juga: Taman Nasional Ujung Kulon, Benteng Terakhir Badak Jawa 

Khairil Anwar Photo Community Writer Khairil Anwar

Jurnalis

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Topik:

  • Ita Lismawati F Malau

Berita Terkini Lainnya