13 Ribu Lebih Warga Luar Daerah Vaksinasi di Kota Tangerang 

Vaksinasi di Kota Tangerang mencapai satu juta jiwa

Kota Tangerang, IDN Times - Wali Kota Tangerang Arief R Wismansyah mengungkap, sebanyak 13 ribu lebih warga luar Kota Tangerang melakukan vaksinasi di wilayahnya.

Rata-rata mereka berasal dari berbagai daerah seperti Jakarta, Kabupaten Tangerang, Tangerang Selatan, dan lainnya.

Baca Juga: Korban Jiwa Kebakaran Lapas Tangerang Bertambah Jadi 49 Orang 

1. Warga DKI Jakarta terbanyak nih yang vaksinasi di Kota Tangerang

13 Ribu Lebih Warga Luar Daerah Vaksinasi di Kota Tangerang Vaksinator menyuntikkan vaksin COVID-19 dosis pertama pada seorang seniman saat vaksinasi massal bagi seniman dan budayawan, di Galeri Nasional, Jakarta, Senin (19/4/2021). (ANTARA FOTO/M Risyal Hidayat)

Hal ini diketahui dari data KTP saat melakukan pendaftaran vaksinasi melalui sentra vaksin yang digelar dalam berbagai program, beberapa waktu lalu. Arief mengungkap, dari data itu, ada 3.441 orang yang merupakan warga luar Kota Tangerang--namun masih dari Banten--yang melaksanakan vaksinasi di wilayahnya. 

"Warga ber-KTP DKI Jakarta sebanyak 5.219 orang. Serta warga dengan KTP dari daerah lain yang melakukan vaksinasi di Kota Tangerang sebanyak 4.678 orang," kata Arief, dalam keterangan tertulis yang diterima, Kamis (16/9/2021).

2. Satu juta orang di Kota Tangerang sudah tervaksinasi

13 Ribu Lebih Warga Luar Daerah Vaksinasi di Kota Tangerang Ilustrasi vaksinasi COVID-19 (ANTARA FOTO/Aditya Pradana Putra)

Sementara itu capaian vaksinasi di Kota Tangerang hingga 14 September 2021 menginjak 1 juta jiwa. Adapun rinciannya, sebanyak 1.595.875 dosis vaksin COVID-19 telah disuntikan. Dari data itu, 1.003.460 pada dosis pertama (67,8 persen) dan 592.415 pada dosis dua (40 persen).

Plt Kepala Dinas Kesehatan, Dini Anggraeni mengungkapkan dengan program bulan vaksinasi Tangerang yang menyisir warga belum tervaksinasi ditingkat RW, diakui cukup efektif dan signifikan. Bagaimana tidak, dikatakan dr Dini capaian vaksinasi selama bulan vaksinasi Tangerang rata-rata diangka 25 ribu dosis per hari dan tertinggi di 40.549 dosis per hari.

“Hingga saat ini bulan vaksinasi Tangerang sudah berlangsung sembilan hari. Program ini akan kita teruskan hingga akhir September. Kemungkinan, program ini akan kita perpanjang hingga vaksinasi selesai, karena dinilai efektif,” kata Dini.

Baca Juga: Wapres Ma'ruf Sebut Pembelajaran Daring Tidak Optimal 

3. Vaksinasi lansia sudah maksimal

13 Ribu Lebih Warga Luar Daerah Vaksinasi di Kota Tangerang Vaksinasi bagi Nakes yang berumur di atas 60 tahun atau Lansia (Dok. Kemenkes)

Ia pun menjelaskan, capaian vaksinasi kategori rentan yaitu lansia juga sudah kian maksimal. Tercatat saat ini sudah 74.302 lansia tervaksinasi dosis satu dan 59.507 lansia tervaksinasi dosis lengkap.

“Capaian ini berkat usaha optimal dan gotong royong semua pihak. Mulai dari petugas kesehatan, ketersediaan dosis hingga antusias masyarakat yang terus meningkat. Terlebih, adanya bantuan dibukanya gerai-gerai vaksinasi baru dari TNI dan Polri, di sejumlah titik pusat keramaian,” kata dia.

Baca Juga: Beroperasi, Bioskop di Tangerang Wajib Pakai Sinar UV-C

Topik:

  • Ita Lismawati F Malau

Berita Terkini Lainnya