Ada Warga Tangsel BAB Sembarangan, Pemkot Tangsel Luncurkan STBM

Agar warga yang punya kebiasaan BABS bisa terbantu

Tangerang Selatan, IDN Times - Pemerintah Kota (Pemkot) Tangerang Selatan (Tangsel) meluncurkan program Perbaikan Sanitasi Total Berbasis Masyarakat (STBM) untuk menyetop perilaku warga buang air besar sembarangan (BABS) di wilayahnya.

Wali Kota Tangerang Selatan (Tangsel) Benyamin Davnie mengatakan, latar belakang program tersebut dibentuk lantaran masih ada warganya yang masih BABS.

"Masih ada keluarga di Tangsel yang buang air besar sembarangan (BABS) atau tidak (BAB) di toilet bersih. Untuk itu kami luncurkan program tersebut," kata Benyamin, Kamis (17/11/2022).

1. Agar warga sadar kebersihan dan kesehatan

Ada Warga Tangsel BAB Sembarangan, Pemkot Tangsel Luncurkan STBMDirektur Jenderal Pelayanan Kesehatan Kementerian Kesehatan, Abdul Kadir, mendorong penguatan Fasilitas Pelayanan Kesehatan (Fasyankes) dalam upaya kesehatan promotif dan preventif. (Dok. Kemenkes)

Benyamin mengatakan, program tersebut ditujukan untuk membangun kesadaran warga agar membiasakan perilaku pola hidup bersih dan sehat.  Benyamin berharap, warganya dapat mengubah kebiasaan buruk selama ini dengan menerapkan gaya hidup sehat.

"Caranya yaitu dengan beralih dari kebiasaan menggunakan MCK (mandi, cuci, kakus) yang tidak layak ke toilet yang bersih dan layak," kata dia.

Baca Juga: Suami Gebukin Istri di Kademangan Tangsel, Video Viral di Medsos

2. Tahun ini, ada 200 toilet dibangun untuk warga

Ada Warga Tangsel BAB Sembarangan, Pemkot Tangsel Luncurkan STBMPixabay.com/11165576

Bagi warga yang tidak memiliki sanitasi yang layak, sudah dibangunkan toilet oleh Pemkot Tangsel fasilitasnya sesuai jumlah permintaan dari RT/RW setempat.

"Ada warga yang belum mempunyai MCK berupa toilet bersih di beberapa kelurahan, sesuai permintaan saja (dibangunkan). Tidak kita target (jumlahnya), di tahun ini sudah 200 (sanitasi) yang kita intervensi," kata dia.

3. Pemkot Tangsel berharap, masyarakat lebih sejahtera

Ada Warga Tangsel BAB Sembarangan, Pemkot Tangsel Luncurkan STBMWarga Ciputat, Tangsel, penerima bantuan sembako (ANTARA FOTO/Muhammad Iqbal)

Benyamin mengatakan, program STBM BABS ini dilakukan dalam rangka meningkatkan derajat kesejahteraan masyarakat.

"Dengan demikian, nantinya Pemkot Tangsel ingin kualitas hidup warganya meningkat dari segi atau titik terkecil manapun secara intensif," ungkapnya.

Baca Juga: Pemkot Tangsel Buka Pendaftaran Subsidi Pelajar Anak Buruh

Topik:

  • Ita Lismawati F Malau

Berita Terkini Lainnya