Begini Cara Mengakses Program Sekolah Swasta Gratis di Kota Tangerang

Orangtua bisa datang langsung ke sekolah yang terdaftar

Kota Tangerang, IDN Times - Pemerintah Kota Tangerang memberikan program beasiswa sekolah swasta gratis  di 146 sekolah dengan pembagian 73 SD dan 73 SMP. Program ini dimaksudkan untuk mengantisipasi siswa yang tertampung di sekolah negeri ini pada Penerimaan Peserta Didik Baru (PPDB).

Lantas, bagaimana cara mengakses program tersebut? Berikut penjelasannya.

Baca Juga: Pemkot Tangerang Tanggung Biaya Pendidikan di 146 Sekolah Swasta

1. Begini penjelasan Kepala Dinas Pendidikan Kota Tangerang

Begini Cara Mengakses Program Sekolah Swasta Gratis di Kota Tangerangilustrasi siswa Sekolah Dasar (IDN Times/Gregorius Aryodamar P)

Kepala Dinas Pendidikan Kota Tangerang Jamaluddin mengatakan, masyarakat dapat langsung mengakses program ini dengan persyaratan prosedural yang tidak rumit, yakni peserta didik telah terdata dalam Data Pokok Pendidikan (DAPODIK) pada sekolah atau terdata dalam Education Management Information System Pendidikan Islam (EMISPENDIS) pada madrasah.

"(Siswa) Memiliki Nomor Induk Kependudukan (NIK) dan Kartu Keluarga (KK) Kota Tangerang, serta menyiapkan berkas-berkas pendaftaran seperti pada umumnya," kata Jamal pada Rabu (7/6/2023).

Baca Juga: Pemkot Tangerang Patroli, Cegah Warga Buang Sampah di Cipondoh

2. Orangtua bisa datang langsung ke sekolah-sekolah yang ada program ini

Begini Cara Mengakses Program Sekolah Swasta Gratis di Kota TangerangIlustrasi siswa SD, Siswa MIN 6 Bandar Lampung . (IDN Times/Rohmah Mustaurida).

Secara teknis, kata Jamal, prosedur untuk mengakses program ini juga sangat mudah. Orangtua yang berniat mendaftarkan anaknya di sekolah-sekolah swasta lewat program ini, bisa langsung mengunjungi sekolah yang akan dipilih. Orangtua juga perlu mencari informasi pendaftaran, membawa berkas-berkas yang dibutuhkan dalam proses pendaftaran.

Kemudian, orangtua mendaftarkan anaknya dalam program beasiswa sekolah swasta gratis secara langsung di lokasi pendaftaran tiap sekolah.

"Adapun persyaratan khususnya, yakni telah terdata pada database (DAPODIK untuk sekolah umum dan EMISPENDIS untuk madrasah), serta khusus di jenjang SMP sederajat diwajibkan mempunyai ijazah atau Surat Keterangan Lulus (SKL),” kata dia.

3. Dinas berharap program ini bisa diakses secara luas oleh masyarakat

Begini Cara Mengakses Program Sekolah Swasta Gratis di Kota TangerangSiswa SMPN 1 Bandar Lampung. (IDN Times/Rohmah Mustaurida).

Jamal mengatakan, program beasiswa sekolah swasta gratis ini diharapkan mampu diakses masyarakat luas secara optimal.

"Harapannya, lewat program sekolah swasta gratis ini, masyarakat menjadi lebih mudah mengakses pendidikan berkualitas tanpa harus memikirkan beban biaya, serta dapat memutuskan angka kasus putus sekolah di Kota Tangerang," kata dia.

Baca Juga: Imigrasi Tangerang Perketat Penerbitan Paspor untuk Cegah TPPO

Topik:

  • Ita Lismawati F Malau

Berita Terkini Lainnya