944 Bayi di Cilegon Stunting Selama Periode 2022-2023

Penyebabnya pola asuh orangtua kurang bagus

Cilegon, IDN Times - Wakil Wali Kota Cilegon, Sanuji Pentamarta mengungkap bahwa penderita stunting di Kota Cilegon selama 2022-2023 berjumlah 944 anak.

“Itu yang 944 penyebabnya pola asuh keluarga atau ekonomi. Karena gak mampu atau pola asuh yang kurang bagus,” kata Sanuji, Selasa (28/11/2023).

1. Anak dengan stunting itu menjadi tanggung jawab Pemkot Cilegon

944 Bayi di Cilegon Stunting Selama Periode 2022-2023PLTU Suralaya, Cilegon (IDN Times/Muhamad Iqbal)

Sanuji menjelaskan, ini merupakan tanggung jawab Pemerintah Kota (Pemkot) Cilegon. Dinas Pemberdayaan Perempuan Perlindungan Anak, Pengendalian Penduduk dan Keluarga Berencana (DP3A2KB) akan merekomendasikan penanganan dengan banyak stakehoder dan dinas lain.

Kalau pola asuh kita gerakan pembimbing keluarga untuk mengatur pola asuh,” katanya.

2. Pola asuh jadi salah satu alasan terbanyak

944 Bayi di Cilegon Stunting Selama Periode 2022-2023Kader poslit juga mengukur panjang tubuh salah satu bayi menggunakan peralatan timbangan tidur. (IDN Times/Fariz Fardianto)

Sementara, Kepala DP3AP2KB Kota Cilegon, Lia Mahatma menyebut, pola asuh yang salah jadi penyebab tertinggi di wilayah berjuluk kota baja tersebut.

“Yang tadi sudah dilaporkan kebanyakan di pola asuh dan yang memang harus mendampingi kepada masyarakat dan orang tua untuk bagaimana merubah pola asuh dan bagaimana mereka dalam pola pikir yang penting terhdap pola asuh itu sendiri,” ujarnya.

3. Pemkot Cilegon berupaya mengatasi anak dengan stunting ini

944 Bayi di Cilegon Stunting Selama Periode 2022-2023Ilustrasi kegiatan posyandu. ANTARA FOTO/Muhammad Bagus Khoirunas

Lia mengungkapkan, pihaknya terus berupaya untuk mengatasi penderita stunting dan upaya pencegahannya.

“Dari dokter anak juga memang bener adanya, kaitan dengan anak-anak yang diasuh oleh ibunya tu asal ada yang mengikuti keinginan anak agar dia atau senang. Itu yang akan terus kita coba dan akan kita lakukan agar angka stunting di Cilegon tahu depan agar menurun,” kata dia.

Baca Juga: Meski Kabur, Terdakwa Korupsi JLS Cilegon Tetap Divonis 7 Tahun Bui 

Topik:

  • Ita Lismawati F Malau

Berita Terkini Lainnya