Comscore Tracker

Ratusan Operator di Pelabuhan Merak Geruduk BPTD  

Mereka menuntut kenaikan tarif kapal, setelah harga BBM naik

Serang, IDN Times - Puluhan operator dan pengusaha kapal di penyeberangan Pelabuhan Merak-Bakauheni bersama ratusan pegawainya menggeruduk kantor Balai Pengelola Transportasi Darat (BPTD) Wilayah VIII Banten, Kamis (22/9/2022).

Para pengusaha dan operator kapal penyeberangan Merak-Bakauheni tersebut mendesak Kementerian Perhubungan (Kemenhub) segera menyesuaikan tarif penyeberangan usai kenaikan bahan bakar minyak (BBM).

Baca Juga: Keluh Kesah Ojol di Tangsel Ketika Harga BBM Naik

1. Pendapatan tidak bisa menutupi biaya operasional

Ratusan Operator di Pelabuhan Merak Geruduk BPTD  Dok. Istimewa/IDN Times

Sekjen DPP Gabungan Pengusaha Nasional Angkutan Sungai, Danau, dan Penyeberangan (Gapasdap) Aminudin yang turut ikut demonstrasi mengatakan, kenaikan harga BBM mengakibatkan usaha penyeberangan makin terpuruk. Bahkan, saat ini mereka sudah tidak mampu lagi beroperasi sebab pendapatan tidak mampu menutup biaya operasional.

"Kami juga menolak dengan tegas penetapan tarif yang tidak mempertimbangkan kemampuan pengusaha angkutan penyeberangan untuk menutup biaya operasional," kata Aminudin.

2. Pengusaha minta konpensasi subsidi selisih harga BBM

Ratusan Operator di Pelabuhan Merak Geruduk BPTD  Dok. Istimewa/IDN Times

Aminudin menegaskan, jika pemerintah menetapkan tarif tidak sesuai dengan perhitungan beban operasional, maka pengusaha minta agar diberikan kompensasi subsidi terhadap selisih kenaikan harga BBM.

"Jika pemerintah tidak segera menetapkan tarif sesuai perhitungan maka pengusaha akan mengurangi jumlah trip sebagai wujud ketidakmampuan membeli BBM, " ujarnya.

3. BPTD akan sampaikan tuntutan ke Kemenhub RI

Ratusan Operator di Pelabuhan Merak Geruduk BPTD  Dok. Istimewa/IDN Times

Sementra itu, Kepala Balai Pengelola Transportasi Darat (BPTD) Handjar Dwi Antoro yang turut menemui langsung ratusan massa tersebut, menjanjikan tuntutan dari para operator kapal akan disampaikan kepada Kemenhub RI.

"Saya memaklumi apa yang menjadi keinginan dan keluhan dari bapak-bapak semua. Dan saya juga berharap hari ini atau besok sudah ada kepastian," katanya.

Baca Juga: BBM Naik, Pengusaha Kapal di Merak Tuntut Kenaikan Tarif  

Anwar Ibrahim Photo Community Writer Anwar Ibrahim

Jurnalis

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Topic:

  • Ita Lismawati F Malau

Berita Terkini Lainnya